INI KESIMPULAN TIM BMKG SOAL PERGESERAN TANAH DI TANA TORAJA

644
0
Handover

Updatekareba.Com, Toraja -Tim Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melakukan survei pergerakan tanah Di Lembang Buri, Kecamatan Rembon, Kabupaten Tana Toraja, sejak Selasa sampai Rabu (14-15/5/2019).

Dari rilis Kepala Stasiun Meterologi klas IV Bandara Pongtiku, Agung Sudiono, telah melakukan rapat kesimpulan terakhir tim BMKG memutuskan rekomendasi untuk pergerakan tanah di lembang Buri, Kecamatan Rembon

Berikut kesimpulan dari tim BMKG adalah sebagai berikut :
Dari hasil survey pendahuluan maka dapat diketahui bahwa zona rekahan tanah di Desa Lembang Buri dan sekitarnta adalah potensi longsor atau gerakan tanah yang memiliki potensi yang tinggi.

untuk itu diperlukan ;

1.Pemetaan Geologi Detail 1:10.000 untuk memetakan struktur geologi permukaan yaitu zona sebaran rekahan dan memetakan potensi longsor di kecamatan rembon.

2.Melakukan survey Geofisika permukaan dengan metode sesimic Refleksi aktif dan Pasif yang bertujuan untuk mengetahui kedalaman Bedrock dan kegetasan tanah atau batuan sehingga dapat dilakukan pemetaan bawah permukaan untuk mengetahui kedalaman bidang gelincir dari zona longsoran.

3.Perlu Kewaspadaan Masyarakat untuk lebih perhatian apabila zona tersebut di Guyur Hujan pada level tinggi atau intesitas hujan dengan durasi yang lama (> 6 jam).(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here