Ini Permintaan Masyarakat Toraja Kepada Anggota Komisi X DPR RI

281
0
Reses anggota Komisi X DPR RI, Eva Stevany Rataba, di Kabupaten Toraja Utara, Kamis (26/12/2019).

Updatekarba.Com, Toraja – Anggota DPR RI Komisi X Fraksi Nasdem, Eva Stevany Rataba, menyerap aspirasi masyarakat Lembang Salu Sarre, Kecamatan Sopai, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, yang berlangsung di Kantor Lembang Salu Sarre, Rabu 26 Desember 2019.

Dalam Reses ini, Eva didampingi Camat Sopai, Marthen Panggalo dan Kepala Lembang Salu Sarre, Andi Surawijaya.

Dalam sambutannya Eva menuturkan bahwa kunjungannya untuk menyerap aspirasi masyarakat di Lembang Salu Sarre demi kemajuan Kecamatan Sopai terlebih khusus masyarakat Lembang Salu Sarre.

“Reses merupakan kegiatan untuk menyerap aspirasi masyarakat, sehingga saya harap pertemuan kita pada hari ini seluruh peserta yang hadir agar mengungkapkan kebutuhan masyarakat untuk diperjuangkan”,ungkapnya.

Salah satu tokoh Masyarakat, yang juga sebagai anggota BPL Lembang Salu Sarre, Paulus Panda mengungkapkan agar sarana dan prasarana objek wisata Air Terjun Burasia dapat diperhatikan.

“Terima kasih atas kunjungan dan perhatiannya di Kecamatan Sopai. Mewakili masyarakat Lembang Salu Sarre kami merasa bangga atas kunjungannya ke Lembang kami. Dikesempatan kali ini, saya mengusulkan kepada Ibu Dewan agar sarana dan prasarana Objek Wisata Air Terjun Burasia serta infratruktur jalan menuju objek Wisata dapat lebih ditingkatkan”, harapnya.

Selain Anggota BPL, Tokoh Pemuda, Pither Kende mengusulkan agar adanya peningkatan SDM pemuda/pemudi di Sopai, terlebih khusus pelatihan Kursus Bahasa Inggris.

“Sebagai Kabupaten Pariwisata, diperlukan pelatihan-pelatihan kursus bahasa Inggris, sehingga melahirkan bibit-bibit kaum milenial di Kec. Sopai, terlebih khusus di Lembang Salu Sarre dapat berkontribusi dibidang pariwisata”,tuturnya.

Selain menyerap Aspirasi masyarakat, Eva Stevany Rataba turut mensosialisasikan Program Kemitraan untuk anggaran 2020, antara lain Program Indonesia Pintar (PIP), Program Bidik Misi, dan Program Peningkatan Akademik, dan lain-lain.

“Pendidikan merupakan gerbang perubahan, karena melalui pendidikan dapat menciptakan SDM-SDM yang handal untuk membawa perubahan kearah lebih baik. Untuk itu, Program Indonesia Pintar merupakan beasiswa untuk warga yang tidak mampu untuk anak didik SD,SMP, SMA dan SMK dengan rentang umur dari 6-21 tahun. Tugas Camat, Kepala Lembang dan masyarakat harus mengecek ke sekolah-sekolah tentang pembaharuan data Dapodik sekolah, dan sama-sama memantau bahwa beasiswa ini benar-benar tepat sasaran. Bagi Mahasiswa yang tidak mampu, ada beasiswa dengan program Bidik Misi. Dan Program Peningkatan Akademik (PPA) merupakan beasiswa bagi Mahasiswa yang berprestasi dengan IPK minimal 3,00”, jelas Eva Stevany Rataba.

Dalam sambutannya, Camat Sopai, Marthen Panggalo menghimbau agar status pekerjaan di KTP harus di perbaharui untuk mendapatkan bantuan-bantuan sosial.

“Sudah berapa kali saya himbau kepada kita semua, khususnya masyarakat Sopai, agar memperhatikan status pekerjaan di KTP. Jika hanya sebagai buruh Tani dan buruh lainnya, jangan dilaporkan sebagai wiraswasta, karena status Wiraswasta adalah sebagai pengusaha dan itu yang membuat bantuan sosial dari pemerintah terkendala, contohnya sudah diberkurangnya subsidi Pupuk untuk Toraja Utara”, terang Camat Sopai.

Reses ini dihadiri oleh pengurus BPL, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama, Kepala Polindes Salu Sarre, dan Masyarakat Salu Sarre.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here