Ini Pesan Ka Kwarcab Rinto Kepada Seluruh Pramuka Di Kabupaten Toraja Utara

227
0
Ketua Kwarcab Pramuka Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang.

Updatekareba.Com, Toraja – Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Toraja Utara, Senin (20/8/2019) pagi, menggelar apel besar dalam rangka ulang tahun ke-58 Gerakan Pramuka Tingkat Kabupaten Toraja Utara, di lapangan bakti Kecamatan Rantepao, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan.

Wakil Bupati Toraja Utara Yosia Rinto Kadang sekaligus Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Toraja Utara, mendampingi Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan yang memimpin langsung pelaksanaan apel tersebut, dan diikuti pengurus kwarcab dan pimpinan OPD dilingkungan Pemkab Toraja Utara, serta ratusan anggota pramuka se Kabupaten Toraja Utara.

“Segenap anggota Gerakan Pramuka diseluruh Indonesia bersuka cita, karena organisasi kita saat ini genap berusia 58 Tahun. Sekalipun sesungguhnya, Gerakan Kepanduan di Indonesia berusia jauh lebih tua dari Gerakan Pramuka, tetapi peringatan Hari Pramuka adalah wujud dari rasa syukur kita kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa atas nikmat dan berkah persatuan dalam satu wadah tunggal”, ungkap Yosia Rinto Kadang.

Dalam apel yang mengusung tema, “Bersama Segenap Komponen Bangsa, Gerakan Pramuka Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI” itu, Alfedri dalam amanatnya membacakan enam poin penting yang harus diperhatikan, diantaranya, merebaknya isu KKN, radikalisme dan terorisme, dampak globalisasi, kerusakan dan pencemaran lingkungan, kemampuan pramuka dalam merespon kejadian bencana, belum terstandarnya seragam Pramuka, serta harapan kegiatan Gerakan Pramuka menjadi bagian dari Sistem Pendidikan Nasional.

Beberapa rangkaian kegiatan turut dilaksanakan dalam rangka Bulan Bakti Pramuka tahun 2019 tersebut, diantaranya kegiatan perkemahan bersama di 21 Ranting Pramuka, bersih – bersih hutan oleh Pramuka Saka Wanabakti KPH Saddang II serta penetapan Bulan Bakti Pramuka yang digelar  bersamaan dengan Apel Besar Hari Pramuka ke-58.

Selain itu juga dilaksanakan kegiatan pembersihan sampah plastik selama bulan Agustus pada seluruh jajaran Kwartir Daerah dan Kwartir Cabang yang bertujuan untuk menegaskan komitmen Gerakan Pramuka, guna Mengurangi Sampah Plastik pada saat Apel Besar Hari Pramuka ke-58 secara serentak di seluruh Indonesia.

“Apel Besar ini merupakan wadah memadukan gerak dan langkah jajaran Gerakan Pramuka dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, dan melaporkan pelaksanaan kegiatan bakti masyarakat dalam rangka peringatan Hari Pramuka ke-58 Tahun 2019”, tutup Rinto.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here