Jadi Pilot Projet Karang Taruna, Bupati Toraja Utara Buka SKBKT Kecamatan Rindingallo di Lembang Buntu Batu

285
0
Karnaval Karang Taruna pada pembukaan SKBKT se Kecamatan Rindingallo, Kabupaten Toraja Utara, Senin (2/9/2019).

Updatekareba.Com, Toraja — Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan, berharap Karang Taruna bisa melahirkan ide-ide dan gagasan dan menyatukan pemahaman yang bisa membangun Toraja Utara lebih baik kedepan.

“Kader Karang Taruna harus menyatukan pendapat, gagasan dan persepsi serta menjadi garda terdepan yang melahirkan generasi yang berkarakter dan kompeten. Kalau kita mampu berkarang taruna dengan tata tertib yang berlaku dan memiliki pendidikan yang baik, maka yakin akan melahirkan pemimpin yang amanah nantinya,” kata Kalatiku Paembonan saat membuka Studi Karya Bhakti Karang Taruna (SKBKT) se Kecamatan Rindingallo di Lembang Buntu Batu, Senin (2/9/2019).

Kalatiku juga mengingatkan filosofi kearifan lokal di depan seluruh kader Karang Taruna.

“Orang Toraja memiliki filosofi yang harus tetap dipegang teguh, yakni p bagus agamanya, pasti pintar, pasti bagus adatnya dan keempat orang Toraja itu biasa bekerja keras, sehingga berkomitmen bekerja keras untuk membangun daerahnya,” jelasnya.

Karang Taruna bisa menjadi wadah saling bertukar wawasan demi masa depan daerah dan bangsa yang lebih baik. Dalam SKBKT tersebut meminta seluruh kader Karang Taruna di Kecamatan Rindingallobersatu padu mendukung seluruh program Pemkab Toraja Utara guna memajukan dan menyejahterakan rakyat Toraja Utara seutuhnya.

“Seluruh kader Karang Taruna telah berkomitmen dalam mensupport realisasi setiap program dari Pemkab Toraja Utara,” tambahnya.

Di Tempat sama, Camat Rindingallo selaku Pembina Umum Karang Taruna Rindingallo, Soleman Tarukbua’, optimis Karang Taruna Kecamatan Rindingallo akan menorehkan prestasi baik di tingkat Kabupaten maupun Provinsi.

“Acara tahunan ini terlaksana atas dukungan dari Bupati Toraja Utara dan Pengurus Karang Taruna Kabupaten Toraja Utara yang ingin melihat pemuda di Kecamatan Rindingallo lebih berkreasi dan menjadi generasi yang lebih berkarakter,” Soleman Tarukbua’.

Sementara itu, Ketua Panitia SKBK, Herman Samba’ mengatakan, SKBKT berlangsung selama tiga hari banyak kegiatan rangkaian dalam bentuk perlombaan digelar panitia termasuk penyuluhan bahaya penyalagunaan Narkoba dan penyuluhan pertanian.

Pembukaan diawali dengan parade dari anggota Karang Taruna di tujuh Lembang dan dua Kelurahan se Kecamatan Rindingallo, lalu dilanjutkan ibadah pembukaan yang dipimpin oleh Pdt. Simon Palamba, S.Th.

Mewakili Ketua Karang Taruna Toraja Utara Yosia Rinto Kadang, Wakil Ketua Karang Taruna Kabupaten Toraja Utara Samuel Rianto Tappi menyampaikan SKBKT tingkat Kecamatan Rindingallo ini merupakan kegiatan SKBKT pertama Karang Taruna di tingkat Kecamatan di Toraja Utara.

“Karang Taruna Kecamatan Rindingallo bisa dijadikan Pilot Projet Karang Taruna bagi Kecamatan yang lain yang ada di Toraja Utara,” ucap Samuel Rianto Tappi.

Turut hadir dalam acara ini Kadis Satpol PP dan Damkar Toraja Utara Andarias Sesa, Kapolsek Rindingallo, dan Para Lurah dan Kepala Lembang se Kecamatan Rindingallo, serta Pengurus Karang Taruna Kabupaten Toraja Utara.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here