Jelang Akhir Tahun 2019, Dandim 1414 Tana Toraja Kumpul Personelnya

316
0
Handover (Kodim 1414 Tana Toraja).

Updatekareba.Com, Toraja – Apel Danramil dan Babinsa Tersebar 2019 Kodim 1414 Tana Toraja, berlangsung di Aula Pongtiku Kodim 1414 Tana Toraja, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, Kamis (12/12/2019).

Apel ini yang dihadiri Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan, Kajari Tana Toraja Jefri P Makadedua, dan Kabag Ops. Polres Tana Toraja Kompol Budi Gunawan, mengangkat tema ” Danramil Dan Babinsa Prefesional Kebanggaan Rakyat”.

Dandim 1414 Tana Toraja, Letkol Czi. Zainal Arifin, dalam sambutannya menekankan profesionalisme para Danramil dan Babinsa dalam melaksanakan tugas di wilayah guna mendukung pemerintah daerah.

“Dalam rangka mewujudkan kesejahteraan rakyat baik di Kabupaten Tana Toraja maupun di Kabupaten Toraja Utara sehingga diperlukan sinergitas yang kuat antara aparat pemerintahan, Kepolisian, TNI dan masyarakat,” kata Letkol Czi. Zainal Arifin.

Sementara sambutan Bupati Toraja Utara menekankan peningkatan sinergitas TNI-Polri dan Pemda dalam pelaksanaan tugas demi tercapainya kemakmuran dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Kami juga menginginkan kegiatan apel danramil dan babinsa bisa diikuti dengan kegiatan apel bersama antara aparat pemerintahan termasuk didalamnya Camat, Lurah dan Kepala Lembang, dengan aparat TNI dan Kepolisian, dengan cara coffee morning bersama yang akan diadakan setiap tiga bulan sekali di kantor Bupati,” ujar Kalatiku Paembonan.

Selanjutnya Bapak Kajari Tana Toraja, Jefri P Makadedua, juga menyampaikan tentang penegakan hukum demi keadilan di negeri ini untuk mengurangi kejahatan dan meningkatkan kesadaran berhukum. Untuk itu perlu sosialisasi penegakan hukum dilakukan demi mencegah kejahatan di masyarakat.

“Disamping itu, Kajari juga menekankan pentingnya 3 pilar jaga desa yang terdiri dari aparat kejaksaan, aparat kepolisian (Bhabinkamtibmas) dan aparat TNI dalam hal ini Babinsa. Disampaikan oleh beliau juga bahwa keterbatasan jumlah jaksa dihadapkan dengan luasnya wilayah lembang yang harus diawasi, maka perlu sinergi dengan aparat TNI Babinsa dan aparat Kepolisian mengingat jumlah mereka tersebar merata di seluruh wilayah lembang di Kabupaten,” terang Kajari.

Kabag Ops Polres Tana Toraja dalam hal ini mewakili Kapolres Tator dalam sambutannya menyampaikan
sinergitas TNI-Polri harus tetap terjalin dengan baik dan terpelihara demi tercapainya situasi dan kondisi yang kondusif dan wujudkan komunikasi dan koordinasi dengan naik dalam pelaksanaan tugas.

“Apalagi dalam waktu dekat akan dilaksanakan operasi Lilin menjelang pengamanan hari raya Natal dan Tahun Baru, diperlukan kerja sama yg baik dengan aparat TNI untuk bersama sama menjaga keamanan dan ketertiban wilayah Toraja, hal ini dilaksanakan juga bekerja sama dengan aparat dan instansi pemerintahan lainnya demi terwujudnya suasana perayaan Natal dan liburan Tahun Baru yang lebih kondusif dan lebih aman”, ucap Perwira Polres Tana Toraja ini.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here