Jelang Lebaran, Wabup Rinto Tinjau Posko Tanggap Covid-19 Dan Himbau Masyarakat Tetap Tenang

243
0
Wabup Toraja Utara Yosia Rinto Kadang dan Anggota DPR RI dari Fraksi Nasdem Eva Stevany Rataba saat meninjau pos gotong royong siaga covid-19 di Kecamatan Tallunglipu, Rabu (20/5/2020).

Updatekareba.Com, Toraja – Sampai saat ini di Kabupaten Toraja Utara belum ada kasus pasien yang terindikasi suspect Covid-19, namun Pemerintah Kabupaten bersama pihak-pihak terkait sama sekali tidak mengendurkan kesiapsiagaan dalam mencegah berjangkitnya virus Corona di Negeri Diatas Awan Bumi Pongtiku ini.

Saat meninjau Posko Gotong Royong siaga Covid-19 di Kelurahan Tantanan, Kecamatan Tallunglipu, Kabupaten Toraja Utara, Rabu (20/5/2020), Wakil Bupati Toraja Utara Yosia Rinto Kadang, memaparkan berbagai langkah pencegahan penyebaran virus corona yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Toraja Utara.

“Masyarakat diminta untuk tetap tenang sambil ikut menjaga kebersihan dan kesehatan diri serta lingkungan sesuai himbauan dari Dinas Kesehatan,” ungkap Rinto.

Selain Wabup, peninjauan Posko Tanggap Covid-19 tersebut juga hadir Anggota DPR RI dari Fraksi Nadem Eva Stevany Rataba, dan Camat Tallunglipu.

Dikatakan Wakil Bupati, selain memfasilitasi posko dan mengatur jalur koordinasi serta SOP penanganan Corona Virus, Pemerintah juga memiliki langkah pencegahan lainnya seperti membantu menyediakan cairan Hand Sanitizer dan disinfektan (cairan pembersih bakteri dan virus) yang diproduksi oleh personel Dinas Kesehatan, meski dalam jumlah yang tidak banyak.

Dinas Kesehatan juga sedang menambah peralatan thermo scanner (alat pengukur suhu tubuh), yang difungsikan untuk mencek suhu tubuh masyarakat dari luar Toraja Utara.

“Alat ini akan dibagikan di Puskesmas yang ada di Toraja Utara,” ungkapnya.

Wabup Rinto juga menyampaikan, untuk langkah pencegahan mandiri, masyarakat diimbau agar melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Jangan risau dan panik dengan beredarnya isu-isu di media sosial yang banyak mencemaskan. Sebab kecemasan dan kepanikan yang berlebihan juga bisa membuat daya tahan tubuh melemah.

“Corona ini harus disikapi dengan tenang dan bijaksana. Jangan terlalu ditakuti, walaupun ada masyarakat yang demam. Belum tentu akibat virus Corona,” tutur Wabup.

Lebih lanjut Rinto memaparkan, Pemerintah Kabupaten Toraja Utara juga mengapresiasi atas meningkatnya kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam upaya mencegah dan pemutus mata rantai berkembangnya Corona Virus Covid 19 di Toraja Utara.

“Berbagai langkah dan kebijakan yang diambil Pemerintah, bertujuan hanya semata-mata untuk menyelamatkan jiwa dan kesehatan masyarakat,” tambah Rinto

Dalam kunjungannya ini, orang nomor dua dijajaran Pemkab Toraja Utara menyumpangkan alat semprot dan minuman kesehatan kepada petugas yang berjaga di posko gotong royong ini.(*/UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here