Jelang Pelantikan Presiden, 500 Personel TNI-polri Di Toraja “Siaga Satu”

88
0
Handover.

Updatekareba.Com, Toraja – Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Periode 2019 – 2024 tersisa sehari lagi, di jadwalkan pelantikan akan dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 20 Okt 2019 di Jakarta.

Menyongsong pelantikan Presiden / Wakil Presiden, Kodim 1414 Tator dan Polres Tator melaksanakan kegiatan bersama berupa Apel Gelar Pasukan yang dilaksanakan di Mako Kodim 1414 Tana Toraja , Jl. Pongtiku Rantepao, Kabupaten Toraja Utara, Sabtu (19/10/2019).

Bertindak selaku Pimpinan Apel , Dandim 1414 Tana Toraja, Letkol Czi. Zainal Arifin, M.Han, dan Komandan Apel Ipda Aksan Suwardi.

Pagelaran Kesiapan TNI / Polri Jaminkan keamanan dan kenyamanan situasi di wilayah Kab. Tana Toraja dan Toraja Utara ini melibatkan ratusan personil, bahkan sarana dan prasarana pendukung pun di sertakan dalam apel, dari alsus sampai kendaraan taktis ikut pula di gelarkan.

Tidak hanya sampai pada apel Gelar Pasukan saja, ratusan personil gabungan TNI Polri melakukan patroli bersama seusai Apel Gelar Pasukan.

Dandim 1414 Tana Toraja yang didampingi oleh Kapolres Tana Toraja, memimpin iring iringan kendaraan yang di gunakan aparat gabungan menyisir jalan-jalan utama di Rantepao, Kabupaten Toraja Utara hingga ke Makale Kabupaten Tana Toraja.

Bunyi sirene kendaraan patwal mengawal show of force dari aparat gabungan yang berskala besar ini menjadi lambang kesiapan dari TNI Polri mewujudkan situasi yang aman dan kondusif di wilayah Toraja menjelang pelantikan presiden/Wakil Presiden Terpilih.

Sementara itu, Kapolres Tana Toraja AKBP. Julianto P. Sirait SH SIK yang hadir bersama dengan jajaran PJU Polres Tana Toraja mengatakan, Apel Gelar Pasukan yang dilaksanakan merupakan wujud dari jaminan keamanan dari aparat negara yang di berikan kepada masyarakat sehubungan dengan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih.

” Kodim 1414 dan Polres Tana Toraja Siap memberikan Jaminan Keamanan, semua sumber daya yang di miliki dikerahkan untuk memastikan situasi aman dan kondusif , baik pada saat menjelang pelantikan maupun pasca pelantikan Presiden/Wakil Presiden “,Tegas Julianto P. Sirait SH SIK akhiri keterangannya.

Seusai Apel Gelar Pasukan, nampak personil gabungan Polres Tator dan Kodim 1414 Tator yang didukung dengan sumber daya yang berskala besar pula melakukan Patroli Bersama.

Kapolres Tana Toraja AKBP Julianto P. Sirait SH SIK memimpin di depan iring-iringan yang kemudian di ikuti oleh rombongan ratusan aparat gabungan berkendara.

Kendaraan taktis milik 2 insitusi Benteng NKRI ini pun unjuk keberadaan di atas jalan raya ditengah tengah aktifitas masyarakat kota Rantepao.

” Sekitar 500 personil gabungan, 30 unit kendaraan roda 4, dan 100 unit kendaran roda 2 yang dilibatkan pada patroli skala besar ( show of force ) seusai Apel Gelar Pasukan, aparat gabungan ini di siagakan dan dapat digerakkan setiap saat menindak lanjuti perkembangan situasi,” Kata Julianto P. Sirait .

Lanjutnya lagi, situasi Kamtibmas di wilayah Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara kondusif menjelang pelantikan Presiden/Wakil Presiden ( minggu 20/10/2019), namun bukan berarti aparat menjadi underestimate pada kondisi itu, namun justru sebaliknya, kesiap siagaan dan respon cepat wajib hukumnya dilaksanakan.

” TNI Polri menjamin keamanan menjelang pelantikan, Status Siaga 2 juga telah diberlakukan hingga pasca pelantikan “. Ungkap Julianto P. Sirait .

Menyinggung soal patroli gabungan, Kapolres menyebutkan tujuan dari penggelaran pasukan dan sumber daya yang berskala besar adalah untuk memberikan jaminan kepada masyarakat bahwa TNI Polri Siap Jaga 20 Oktober 2019 dari tingkat pusat hingga tingkat kabupaten.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here