Jelang Pilkada Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang : Kita Adalah Sangtorayaan

742
0
Pertemuan para bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara di Pilkada 2020.

Updatekareba.Com, Toraja – Wakil Bupati Toraja Utara yang juga Calon Bupati Toraja Utara di Pilkada 2020, Yosia Rinto Kadang, mengatakan, tahun politik menjelang pelaksanaan Pemilihan Bupati dab Wakil Bupati Toraja Utara periode 2021- 2025 jangan sampai merusak kebersamaan masyarakat. Rinto mengatakan, perbedaan pilihan di pilkada harus dihargai.

“Saya keliling Toraja Utara di tahun politik ini ke Lembang – Lembang dan Kelurahan agar tahun politik ini pemilunya damai dan menggembirakan, pilihan boleh beda merah putihnya sama,” katanya, Kamis (16/7/2020)

Rinto menyampaikan hal tersebut saat makan malam bersama Ketua DPD II Golkar Toraja Utara yang juga Bakal calon Wakil Bupati, Frederik Victor Palimbong, Anggota DPRD Bontang dr. Etha bersama suaminya, dan Calon Wakil Bupati Toraja Utara yang mendampingi Rinto, Yonathan Pasodung.

Ia mengatakan untuk apa memilih Bupati dan Wakil Bupati tak lain tujuannya agar Kabupaten Toraja Utara ini bisa bersatu, bukan untuk perang, bersatu untuk bisa berdaulat sehingga sejahtera.

“Yang dipilih antarkita sendiri, boleh saya, pak Dedy Palimbong, atau ibu dr. Etha, Memilih antarsaudara, oleh karena itu jangan ribut gara-gara pilkada, kita ini sangtorayan,” katanya.

Rinto menuturkan pilihan boleh berbeda tetapi jangan berantem, harus saling menghormati, saling menghargai pilihannya masing-masing di bilik suara, habis itu berteman lagi.  Ia mengatakan, masyarakat harus memiliki perilaku yang mempersatukan, jangan memecah belah gara-gara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati.

“Pilkada itu sarana untuk memilih saudara sendiri, yang paling bagus dipilih, milih ini boleh, milih itu boleh, bukan mau perang. Jadi kalau mau ada yang mengajak ribut dinasihati karena kita relawan untuk pemilu damai, karena kita keluarga,” katanya.

Rinto menyampaikan harus milih orang yang baik, yang dipercaya, milih yang kira-kira bisa melayani masyarakat, memilih yang diyakini bisa membawa kebaikan.

“Pemilu untuk memperkuat persatuan. Siapapun itu yang di berikan amanah nantinya kita harus bersama membangun Toraja Utara,” ungkap Rinto yang juga Ketua DPD Nasdem Toraja Utara.

Lanjut Rinto, Masyarakat Toraja Utara yang terkenal ramah dan bersahabat, senang bergaul, memiliki etos dan loyalitas yang kuat, pantang menyerah, punya semangat kekeluargaan dan gotong royong yang tinggi.

“Mari kita memulihkan hubungan sosial yang harmonis dan kasih sayang, tanpanya kebebasan dan bahkan kehidupan itu sendiri hanyalah hal-hal yang suram,” pesan Rinto

Sebab, tanpa persahabatan, maka kebebasan berbicara, berekspresi, atau berkegiatan malah bisa berujung perpecahan.

“Tanpa nilai persahabatan, politik akan diekspresikan orang per orang dengan penuh sentimen. Tanpa nilai persahabatan, setiap orang bebas berkegiatan politik yang sarat kebencian,” tutup Wabup Toraja Utara ini.(*/UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here