Kabar Baik! Bantuan Subsidi Kuota Internet di Sektor Pendidikan Akan Dilanjutkan Sampai 2021

463
0
Logo Kemendikbud.

Updatekareba.Com, Jakarta – Bantuan subsidi kuota internet akan tetap diberikan oleh pemerintah pada tahun 2021 meskipun akan ada rencana mengenai pembelajaran tatap muka pada awal tahun depan.

Pada Selasa, 22 Desember 2020 dalam acara Outlook Perekonomian: Meraih Peluang Pemulihan Ekonomi di 2021, Sri Mulyani selaku Menteri Keuangan mengatakan Pemerintah telah mengalokasikan Rp550 triliun di tahun 2021 untuk anggaran pendidikan.

“Pemerintah masih akan memberikan dukungan di sektor pendidikan dan biaya internet bagi murid, siswa, mahasiswa, dan guru,” kata Sri Mulyani dikutip Updatekareba.Com dari laman PMJ News.

Meskipun anggaran telah disiapkan pemerintah untuk subsidi berupa kuota internet yang diberikan kepada para pelajar, guru dan dosen di tahun 2021. Namun, Sri Mulyani tidak merinci jumlah anggaran tersebut.

Selama pandemi Covid-19, pemerintah memberikan subsidi berupa kuota internet untuk menunjang pembelajaran yang dilakukan secara jarak jauh atau PJJ.

Besaran jumlah kuota yang diberikan oleh pemerintah bervariasi tergantung dari jenjang pendidikannya mulai dari 20 GB sampai 50 GB. Bantuan kuota dari Kemendikbud tersebut sudah dapat digunakan oleh pelajar, guru dan dosen.

Disebutkan rincian bantuan untuk peserta didik jenjang PAUD sebanyak 20 GB per bulan. Rinciannya 5 GB kuota umum dan 15 GB kuota belajar dengan durasi bantuan selama 4 bulan.

Dikutip Updatekareba.Com dari laman resmi kuota-belajar.kemdikbud.go.id . rincian kuota bagi peserta didik mulai dari 20 GB untuk jenjang PAUD terdiri dari 5 GB kuota umum dan 15 GB kuota belajar.

Besaran kuota untuk jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah akan diberikan sebesar 35 GB dengan rincian 5 GB kuota umum dan 30 GB kuota belajar.

Bagi tenaga pendidik Jenjang PAUD dan Pendidikan Dasar dan Menengah akan diberikan kuota sebesar 42 GB dengan rincian 5 GB kuota umum
37 GB kuota belajar

Sedangkan bagi Dosen dan Mahasiswa akan diberikan subsidi sebesar 50 GB dengan rincian 5 GB kuota umum dan 45 GB kuota belajar.

Seluruh subsidi kuota untuk pelajar, guru dan dosen diberikan selama 4 bulan.(*/UK)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here