Kakak Rinto : Pramuka Harus Lantang Ajak Warga Disiplin Protokol Kesehatan

195
0
Yosia Rinto Kadang.

Updatekareba.Com, Toraja – Setiap 14 Agustus, kita memperingati Hari Pramuka. Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang, menyampaikan pesan khusus kepada seluruh pramuka di Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan dalam peringatan Hari Pramuka ke-59, Jumat (14/8/2020).

Yosia Rinto Kadang yang juga Wakil Bupati Toraja Utara ini menyatakan anggota Pramuka harus lantang mengajak masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan saat pandemi COVID-19.

“Anggota Pramuka harus jadi speaker agar masyarakat semakin disiplin dan peduli, jaga jarak aman, pola hidup bersih dan sehat serta bermasker,” ujarnya

Wabup Rinto juga melanjutkan agar anggota Pramuka tak pernah bosan menyampaikan edukasi ke masyarakat bahwa pandemi COVID-19 belum selesai.

Menurut dia, kepedulian dan kedisiplinan masyarakat menjadi penting karena beberapa saat ini sejumlah sektor mulai menggeliat dan perekonomian bergerak.

“Sehingga kedisplinan dan kepedulian masyarakat menjadi titik sentral untuk bisa digerakkan oleh Pramuka,” ucap Rinto

Menurutnya, penerapan protokol kesehatan dan kepedulian dalam membantu sesama bukan hanya akibat pandemi.

“Sebagai anggota Pramuka haruslan tetap mengasah jiwa karakter kepemimpinan sebagai jiwa Pramuka sejati,” ujarnya.

Hal itu, kata dia, sesuai dengan Tri satya dan Dasa Dharma Pramuka. Selain itu, Rinto juga mengingatkan para anggota Pramuka Toraja Utara untuk tetap meningkatkan kemampuan di masa pandemi ini.

“Pengalaman pandemi juga mengingatkan kita agar tetap meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kesehatan. Perekonmian juga perlu ilmu pengetahuan dan teknologi. Giatlah belajar dan kuasai teknologi setinggi-tingginya,” tuturnya.

Ia berharap Pramuka juga bisa terus melahirkan generasi dan SDM terbaik.

“Jadilah penjaga Pancasila sejati. Dunia ini berubah cepat dengan ketidakpastian. Untuk itu, jadilah generasi yang mencerahkan dan membangun kejayaan Indonesia Maju yang sebenarnya. Jayalah Pramuka, Jayalah Indonesia,” pungkasnya.

Pada kesempatan ini pula, Ketua Kwarcab Pramuka Toraja Utara ini berterima kasih kepada Pemkab dan masyarakat Toraja Utara, yang telah menunjukkan kepedulian terhadap Pramuka di Toraja Utara.(*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here