Karang Taruna Boleh dan Dibenarkan Gunakan Dana Desa

6866
0
Sosialisasi Karang Taruna di Kecamatan Tondon, Kabupaten Toraja Utara, Jumat (23/8/2019).

Updatekareba.Com, Toraja – Sesuai aturan karang taruna boleh dan dibenarkan menggunakan dana desa, asal dimasukkan dalam program kerja dan dimanfaatkan dengan berbagai inovasi dan kreativitas untuk pembinaan dan pemberdayaan generasi muda di Toraja Utara.

Hal itu dikatakan Wakil Ketua Karang Taruna Toraja Utara Belo Tarran, saat menyampaikan materi pada kegiatan sosialisasi pemberdayaan Karang Taruna di tingkat Kecamatan, yang digelar oleh Karang Taruna Kecamatan Tondon,  di Aula Kantor Camat Tondon, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, Jumat (23/8/2019).

Pada kesempatan tersebut, Belo Tarran yang juga Ketua KNPI Toraja Utara juga mengatakan, dana desa di Kabupaten Toraja Utara dari tahun ke tahun terus meningkat, diharapkan kepada pemerintah Toraja Utara dapat memanfaatkan dana tersebut dengan sebaik-baiknya agar tidak bermasalah dengan hukum,karena dana tersebut akan di audit penggunanannya.

Materi lainnya disapaikan Pengurus Karang Taruna Toraja Utara Yultin Rante, yang mengajak peserta dari karang taruna untuk menjadi pelopor pembangunan di Toraja Utara, serta ikut serta menjaga ketertiban dan ketentraman di Toraja, pemuda juga menjadi garda terdepan dalam pemberantasan narkoba dalam wadah gerakan anti narkoba karang taruna (Gertak).

Sementara pemateri ketiga, Bendahara Karang Taruna Kabupaten Jeni Sakka pada kesempatan tersebut menyampaikan,  karang taruna merupakan organisasi sosial yang dibentuk secara resmi  di bawah binaan Kementerian Sosial.

Pihaknya mengharapkan kepada semua gampong dapat membentuk karang taruan di Toraja Utara masing-masing,  banyak keuntungan  didapat dengan adanya karang taruna di tingkat gampong, salah satunya terbukanya  jaringan diseluruh daerah.

“Karena itu, karang taruna Toraja Utara agar dapat memanfaatkan jaringan ini untuk saling berkomunikasi dengan karang taruna dari berbagai daerah,” sebut  Jeni Sangka.

Kabag Umum Setda Toraja Utara ini juga mengharapkan kepada ketua karang taruna Kecamatan se Toraja Utara agar terus berbuat dan berpartisipasi dalam setiap kegiatan  dengan melakukan berbagai aktivitas yang bermanfaat bagi masyarakat.

Sementara Ketua karang taruna Kabupaten Toraja Utara Yosia Rinto Kadang, Berkomitmen untuk terus mendukung kemajuan di Kabupaten Toraja Utara khususnya bidang kepemudaan.

“Kami terus berupaya untuk mendorong setiap pemberdayaan bagi pemuda di wilayah 21 Kecamatan yang ada di Toraja Utara ini, apalagi banyak pemuda yang kompeten dari mulai bidang ke agamaan, olahraga sampai bidang seni budaya,” Jelas Wakil Bupati Toraja Utara ini.

Dirinya berharap, agar pembangunan di setiap desa dapat mengarah pada kegiatan pemberdayaan pemuda.

Menurutnya banyaknya potensi pemuda namun kekurangan wadah atau ruang bagi pemuda, untuk mengekspresikan minat dan bakatnya masing-masing.

“Diharapkan pembangunan di desa itu mengarah pada ruang atau tempat yang bisa mewadahi minat atau kreatifitas anak-anak muda, pemberdayaan kewirausahaan untuk pemuda juga masih terasa minim keberadaannya di Toraja Utara,” katanya.

Diungkapkanya, karang taruna di Kabupaten Toraja Utara banyak berkontribusi dalam mengawal setiap pembangunan baik ditingkat Kabupaten, kecamatan maupun tingkat pemerintahan desa/Lembang dan Keluraha , hal tersebut bagi Rinto adalah upaya komitmen karang taruna dalam dukungannya terhadap setiap pemajuan di wilayah Kabupaten Toraja Utara.

“Memastikan setiap pembangunan baik fisik atau nonfisik yang dilakukan oleh pemerintah desa atau daerah itu memang tepat guna, artinya dapat dirasakan secara langsung manfaatnya oleh masyarakat di Toraja Utara,” pungkasnya.

Saat ini Pengurus Kabupaten Karang Taruna Toraja Utara terus melakukan konsilidasi dan pemberdayaan Karang Taruna hingga tingkat Lembang dan Kelurahan terutama kepengurusan dan organisasi. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here