Karang Taruna Toraja Utara kolaborasi P3MD Bahas Soal Usaha Ekonomi Kreatif Di Desa

431
0
Peserta sosialisasi Unit Ekonomi Kreatif oleh Karang Taruna Toraja Utara.

Updatekareba.Com, Toraja – Karang Taruna Kabupaten Toraja Utara mengelar kegiatan sosialisasi dan diskusi tentang pembinaan kepemudaan Toraja Utara melalui karang taruna, berlangsung di aula pertemuan Gereja Toraja Jemaat Rantepao, Selasa (10/12/2019).

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Plt. Kepala Dinas Sosial Toraja Utara, Yoel T, dan menghadirkan pemateri yakni Tenaga ahliTenaga Ahli Pengembangan Ekonomi Pedesaan (TA PED) Program pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD), Rabbani.

Pada kesempatan tersebut plt. Kadis Sosial Toraja Utara mengatakan bahwa dana desa di kabupaten Toraja Utara dari tahun ke tahun terus meningkat.

“Karang Taruna merupakan organisasi sosial bentukan pemerintah dibawah binaan kementerian sosial, sesuai aturan karang taruna boleh dan dibenarkan  menggunakan dana desa yang dimanfaatkan dengan berbagai inovasi dan kreativitas untuk pembinaan dan pemberdayaan generasi muda di gampong”, jelas Yoel T.

Sementara Tenaga ahliTenaga Ahli Pengembangan Ekonomi Pedesaan (TA PED) Program pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD), Rabbani,
mengajak peserta dari karang taruna untuk menjadi pelopor pembangunan di Toraja Utara,

“Karang Taruna sangat strategis posisinya di Lembang karena keberadaan Karang Taruan sebagai salah satu bagian LKD. Karang Taruna dapat mewarnai Desa dgn cara melibatkan diri dan berperan serta dalam proses perencanaan dan pengelolaan kegiatan progran Lembang,” ucap Rabbani.

Rabbani juga mengungkapkan Karang Taruna adalah tulang punggung Lembang/Desa dalam membentuk Kube. Kube dapat menjadi unit Usaha BumLem

“Dengan adanya Permendes 11 tahun 2019 ttg prioritas dana desa 2020 diatur soal alokasi dana afirmasi diperuntukan bagi penanggulangan kemiskinan termasuk termasukn pembentukan kelompok ekonomi dari Rumah Tangga Miskin (RTM) – RTM menjadi dalam pembentukan Kube,” ungkap Tenaga Ahli Pendamping Desa tingkat Kabupaten ini.

Karang Taruna dapat menjadi fasilitator dan inisiator dalam upaya penanggulangan kemiskian dan kegiatan pemberdayaan ekonomi desa.

Hadir dalam pembinaan dan sosilisasi ini para Pengurus Karang Taruna tingkat Kabupaten, Kecamatan, dan Lembang se Toraja Utara.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here