Karang Taruna Toraja Utara Road Show Sosialisasi dan Konsolidasi Organisasi Di 21 Kecamatan

274
0
Pembukaan sosialisasi Karang Taruna di Kecamatan Sa'dan, Kabupaten Toraja Utara, Selasa (20/8/2019).

Updatekareba.Com, Toraja – Sejalan dengan amanah Permendagri Nomor 18 tahun 2018 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa, Karang Taruna Kabupaten Toraja Utara terus mengadakan sosialisasi dan konsolidasi organisasi di beberapa Desa/Kelurahan dan kecamatan Kabupaten Toraja Utara yang dimulai sejak Senin sampai Rabu (19-21/8/2019).

Menurut Ketua Karang Taruna Kabupaten Toraja Utara Yosia Rinto Kadang, untuk memperkuat organisasi Karang Taruna diperlukan sosialisasi pembentukan karang taruna baru di Desa/Kelurahan dan Kecamatan yang belum terbentuk organisasi karang taruna sehingga akan menambah Sumber Daya Manusia (SDM) organisasi.

“Sedangkan untuk Desa/Kelurahan dan Kecamatan yang sudah ada karang tarunanya, diadakan konsolidasi organisasi untuk penguatan kompetensi pengurus dan penambahan progres kegiatan organisasi,” kata Yosia Rinto Kadang.

Selain untuk penguatan kompetensi Pengurus, sosialisasi dan konsolidasi juga dimaksudkan untuk terus berbenah diri organisasi serta menambah kekuatan baik secara kuantitas maupun kualitas pengurus.

“Hal tersebut dilakukan untuk memperkuat perjuangan Karang Taruna sebagai organisasi sosial membantu masyarakat menyelesaikan masalah-masalah sosial, peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pemberdayaan kepemudaan,” tambah Rinto yang juga Wakil Bupati Toraja Utara ini.

Dijelaskan oleh Rinto, bahwa sosialisasi dan konsolidasi yang dilakukan dalam bentuk pertemuan-pertemuan formal dan non formal, bahkan untuk mengatasi jarak dan waktu dilakukan konsolidasi melalui komunikasi telpon.

Selain itu, dijelaskan juga oleh Wabup Toraja Utara ini bahwa dengan memanfaatkan segala kekuatan yang ada, Karang Taruna Kabupaten Toraja Utara terus bergerak melakukan sosialisasi dan konsolidasi organisasi Karang Taruna ke seluruh desa/kelurahan dan kecamatan Kabupaten Toraja Utara.

Sosialisasi Karang Taruna di Kecamatan Tallunglipu, Kabupaten Toraja Utara, Selasa (20/8/2019).

Selain sosialisasi dan konsolidasi organisasi, Karang Taruna Kabupaten Toraja Utara juga menyampaikan cara-cara melaksanakan program kegiatan secara mandiri tanpa anggaran dari Pemerintah kepada pengurus karang taruna yang sudah terbentuk.

Karang Taruna harus mengambil peran dalam mengatasi permasalahan sosial di masyarakat.

“Bagaimana menciptakan atau membuat terobosan – terobosan baru dan kreatif dalam sebuah kegiatan sosial yang bisa juga memberikan manfaat masyarakat dibidang perekonomian, parawisata, kesehatan, dan pendidikan”, ungkap Rinto.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here