Karhutla Seluas 50 Ha Di Toraja Utara, KPH Saddang II Turunkan Pasukan Polhut

82
0
Handover (KPH Saddang II)

Updatekareba.Com, Toraja -Kebakaran Hutan Rakyat terjadi di Lokasi tondon dama’ Dusun Dombia Lembang Rindingallo, Kecamatan Rindingallo Kabupaten Toraja Utara, Rabu (18/9/2019) hingga saat ini.

Tim gabungan TNI – Polri, Polhut KPH Saddang II, dan masayarakat sekitar diturunkan memadamkan api yang telah menghanguskan 50 hektar hutan rakyat ini.

“Kami sudah turunkan pasukan Karhutla KPH Saddang II, dan sampai saat ini kami masih memantau bersama tim gabungan,” kata Kepala KPH Saddang II, Gazali D. Ichsan, Jumat (20/9/2019) siang.

Pemadaman Karhutla ini menggunakan alat sederhana dan bantuan damkar Pemkab Toraja Utara.

Handover (KPH Saddang II)

Sementara Komandan Distrik Militer (Dandim) 1414 Tana Toraja, Letkol Czi Zaenal Arifin, memimpin langsung pemadaman Karhutla yang terjadi sejak Rabu ( 18/09/2019) sekitar pukul 17.20 wita kemarin, dan diperkirakan telah menghabiskan sekitar 250 hektar hutan terbakar.

Puluhan Personil gabungan dari Polsek Rindingallo dan Koramil Rindingallo dibantu 1 SST pasukan Kodim 1414 Tana Toraja, serta masyarakat sekitar.

Operasi gabungan pemadaman Karhutla ini dilakukan untuk mencegah makin meluasnya kebakaran yang dapat menimbulkan kerugian yang makin parah.

“Karhutlah dikawatirkan akan terus meluas dan tidak menutup kemungkinan akan menyebar ke pemukiman warga,” kata Letkol Czi Zaenal Arifin.

Menurut informasi dari masyrakat setempat ( lokasi kejadian ), api berawal dari kebun salah satu warga, yang kemudian meluas hingga melahap lahan lahan sekitar milik warga setempat.

Dandim 1414 Tana Toraja pun menghimbau kepada Masyarakat sekitar supaya jangan sembarang membakar di sekitar lahan perkebunan mengingat kondisi saat ini dalam musim kemarau dan rentan terjadi kebakaran.

Hingga berita ini dibuat, Letkol Czi Zaenal Arifin bersama personil gabungan masih berjuang memadamkan titik api yang dapat sewaktu – waktu membesar.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here