Keluarga Besar Kejari Tana Toraja Berbagi Kasih Di Lembang Tadongkon

601
0
Handover (Kejari Tana Toraja).

Updatekareba.Com, Toraja – Dalam rangka menyambut hari ulang tahun (HUT) Hari Bhakti Adhiyaksa yang ke-61, yang juga HUT Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) ke XXI, Kejaksaan Negeri (Kejari) Tana Toraja yang masih membawahi dua kabupaten sekaligus yakni kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara, menggelar kegiatan bakti sosial (baksos).

Keluarga besar Kejari Tana Toraja dalam kegiatan baksosnya, berpetualang dalam memberikan bantuan sembako dari rumah ke rumah dengan melewati jalan pegunungan yang licin dan terjal.

Dimana yang pertama, bantuan diberikan kepada Damaris Taruk Padang yang merupakan warga miskin, lansia penyandang disabilitas. Di rumah lainnya diberikan kepada Berta Alla juga warga miskin yang mengalami gangguan jiwa dan dilanjutkan ke rumah warga miskin yang merupakan keluarga yang memiliki banyak anak tetapi berkekurangan.

Penyerahan bantuan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Tana Toraja Jefri P. Makapedua didampingi istrinya yang juga Ketua IAD Kejari Tana Toraja, Mira Bangalino di Lembang Tadongkon, Kecamatan Kesu’, Kabupaten Toraja Utara. Selasa, 13 Juli 2021.

Dan kegiatan tersebut menerapkan protokol kesehatan (prokes), dalam rangka mencegah penyebaran covid-19.

Menurut Kajari Tator, Jefri P. Makapedua kepada media disela-sela kegiatan mengatakan bahwa dalam rangka menyambut HUT Adhiyaksa tahun ini cukup sederhana tidak seperti pada tahun sebelum pandemi covid-19.

“Dan semua kegiatan tersebut dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona,”katanya.

Dijelaskan bahwa kegiatan Kejari Tator hari ini yakni memberikan bantuan sembako kepada warga yang benar-benar membutuhkan.

“Memang bantuan yang kami berikan tidak seberapa besar ya, tapi kami harapkan dengan adanya bantuan ini dapat meringankan beban kehidupan mereka sehari-hari. Bantuan yang kita berikan pada intinya adalah bantuan sembako, yaitu bahan -bahan makanan yang dibutuhkan sehari-hari oleh masyarakat,”jelas Jefri.

Ditambahkan Jefri bahwa selain memberikan bantuan sosial, pihaknya juga telah melakukan donor darah yang bekerjasama dengan PMI Toraja, dimana yang melakukan donor darah adalah hanya jajaran Kejari dan keluarga. Tidak melibatkan orang luar untuk mencegah penyebaran covid-19, selain itu, sebelumnya juga telah dilakukan bakti sosial lainnya dengan mengunjungi Sekolah Luar Biasa (SLB) Rehabilitasi Daya Masyarakat (RDM) Toraja di Torut, serta mengunjungi ibu janda pensiunan Kejari.

“Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian kami dari kejaksaan Tana Toraja dan Ibu-ibu IAD untuk mengurangi beban mereka, dan berharap bantuan yang diberikan dapat bermanfaat,” kunci Jefri.

Senada dengan itu ketua IAD Kejari Tana Toraja Mira Bangalino, juga menyampaikan bahwa dengan kegiatan menyambut HUT IAD dan HUT Adhyaksa pihaknya melakukan bakti sosial dengan memberikan bantuan sembako di tengah pandemi, karena itulah yang dibutuhkan masyarakat saat ini.

“Bantuan sembako memang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat yang kekurangan apalagi dalam kondisi pandemi seperti ini. Bantuan ini mungkin nilainya tidak seberapa tapi bisa membantu mereka untuk meringankan beban kehidupannya,”ungkap Mira.

Diakui Mira bahwa pihaknya dalam memberikan bantuan sembako mencari yang memang benar-benar membutuhkan termasuk lansia yang menyandang disabilitas dan mengalami gangguan jiwa.

Pribadi kepada Ibu Damaris, lansia penyandang disabilitas, yang sementara dalam kelemahan tubuh, pihak kejaksaan dan ibu-ibu IAD berkoordinasi dengan kepala lembang Tadongkon untuk dibawa ke puskesmas.

“Kami berharap kegiatan hari ini, bisa bermanfaat terutama bagi ibu lansia penyandang disabilitas. Kami sudah berkoordinasi dengan kepala Lembang untuk segera diantar ke puskesmas agar mendapatkan perawatan dan tetap kami akan komunikasikan bagaimana perkembanga,” kata Damaris.(*/UK)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here