Kembali BNNK Tana Toraja Tes Urine 173 Siswa Pada Tiga Sekolah SMA/SMK Di Toraja Utara

428
0
Tes urine hari kedua pada sekolah SMA/SMK di Toraja Utara oleh BNNK Tana Toraja, Rabu (22/1/2020).

Updatekareba.Com, Toraja – Menuju Indonesia maju, BNNK Tana Toraja dengan melakukan tes urine di SMK Eran Batu, SMA Kristen Rantepao, dan SMAN 1 Rantepao, Rabu (22/1/2020).

Ini merupakan Kegiatan Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, melalui bidang Pembinaan Sekolah Menengah (SMA) adalah melaksanakan Tes Urine, dalam rangka Proteksi Dini Pencegahan Penylahgunaan Narkoba di lingkup SMA/Ma se-Sulawesi Selatan,

Untuk hal tersebut Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan telah menunjuk Lembaga Peduli Anak Bangsa bekerjasama dengan BNNP/BNNK Se- Provinsi Sulawesi Selatan untuk melaksanakan Tes urine

Hal ini juga merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan Kabupaten Tana Toraja dan Kabupaten Toraja Utara yabg bersih narkoba.

Tes ini dilakukan untuk memastikan apakah pelajar tersebut bersih dari penyalahgunaan narkoba.

Sebanyak 173 siswa-siswi lakukan tes urine di hari kedua ini sejak dilaksanakan Selasa (21/1/2020) kemarin oleh Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tana Toraja.

Kepala SMAN 1 Toraja Utara, Husein memgatakan siswa yang di tes urine dipilih pihak sekolah dan baru diketahui hari ini sejak diminta ikut sosialisasi.

“Saya pilih mereka agar dapat terinspirasi, hasilnya tes urine siswa kami semuanya negatif karena sejak awal kami selalu mengingatkan agar tidak terjaring obat terlarang narkoba,” ucap Husein.

Sebagai pimpinan di sekolah, Husein selalu mengingatkan siswa dari sekarang bahaya narkotika sehingga dapat menjadikan milenial Toraja sebagai generasi emas.

Sementara, Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) BNNK Tana Toraja, Marthen Sanda memimpin giat mengatakan, pelaksanaan tes urine karena adanya informasi diterima bahwa kalangan remaja perlu melalukan tes.

“Siapa lagi yang akan membangun Toraja Utara kalau bukan kita kaum milenial, mari koreksi diri sendiri, kalian punya daya tangkap agar tidak terbawa arus,” pesan Marthen.

Dikatakan, BNNK Tana Toraja sangat merespon baik pihak sekolah pada pengambilan sampel karena berjalan dengan teratur, berkat disiplin siswa termasuk SMAN 1 Toraja Utara.

Marthen mengatakan, pembentukan Satuan Tugas (Satgas) narkoba sangat penting di setiap sekolah , karena siswa dengan mudah dapat mengetahui fungsi BNN dan lingkungan sekolah bersih dari narkoba.

Dalam rilis pers Kepala BNNK Tana Toraja, AKBP Natalia Dewi Tonglo mengatakan, kegiatan tes urine tersebut untuk mencegah penyalahgunaan narkoba pada kalangan pelajar, sehingga mewujudkan lingkungan sekolah bebas dari Penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

“Negara saat ini sangat prihatin dengan terhadap bnyaknya generasi muda yang menyalahgunakan narkoba,oleh karena itu kami datang di sini untuk memastikan bahwa kalian adalah generasi muda yang disiapkan menjadi penenerus kami di masa depan bersih dari penylahgunaan narkoba” kata AKBP Natalia Dewi Tonglo.

Kepala BNNK Tana Toraja juga berharap, pasca kegiatan ini para pimpinan sekolah dan guru mampu mewaspadai serta mendeteksi siswanya yang kemungkinan terlibat dalam penyalahgunaan narkoba.

“Tes urine ini bukan menjadi tujuan akhir. Ini salah satu wujud sinergitas antara BNN dan sekolah untuk menciptakan sekolah bebas narkoba,” ucap Dewi Tonglo.

“Ini bukti kesiapan lembaga sekolah dalam menciptakan lingkungan sekolah yang clean and clear. Tujuanya apa? Ketika siswa lulus dari sini mereka menjadi figur yang bersih, sampai dia ke perguruan tinggi dan bekerja tidak akan pernah menjamah barang yang namanya narkoba,” tegas Kepala BNNK Tana Toraja.

Tes urine dengan mendatangi sekolah secara acak akan terus dilakukan BNNK Tana Toraja.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here