Kemenkes RI Rekomendasi RSUD Lakipadada Dapat Deteksi Virus Corona melalui metode TCM

217
0
Handover (Diskominfo Tana Toraja).

Updatekareba.Com, Toraja – Jika selama ini metode untuk mendekteksi Covid-19 hanya dengan pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR) dan harus dilakukan di Makassar. Kini RSUD Lakipadada Tana Toraja sudah bisa melakukan tes untuk mendekteksi Virus Corona dengan menggunakan Metode Tes Cepat Molekuler (TCM).

Metode TCM adalah salah satu metode untuk mendeteksi Covid-19 yang direkomendasikan oleh Kementerian Kesehatan RI, dan di Sulawesi Selatan hanya 5 Rumah Sakit yang direkomendasikan oleh Kemenkes untuk menggunakan metode TCM yaitu RSUD Lakipadada Tana Toraja, RSUD Labuang Baji Makassar, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sawerigading Palopo, RSUD Andi Makkasau Pare-Pare, RSUD Sinjai.

Direktur RSUD Lakipadada dr Syafari Mangopo mengatakan saat ini RSUD Lakipadada sudah bisa melakukan tes dengan metode TCM. Proses pemeriksaan dengan mengambil dahak pasien dengan Metode TCM ini tidak dipungut biaya dan dilaksanakan berdasarkan koordinasi Satgas Covid-19 Tana Toraja.

dr Syafari Mangopo mengatakan dengan metode TCM ini, proses pemeriksaan ini bisa lebih cepat karena hanya membutuhkan waktu 40 menit dan dalam sehari bisa dilakukan pemeriksaan maksimal 10 sampel. Awalnya metode TCM digunakan untuk mendekteksi virus TBC dan ternyata alat tersebut juga bisa digunakan untuk mendeteksi Virus Corona (SARS CoV-2) dengan menggunakan cartridge yang sesuai.

Dengan dimungkinkannya pemeriksaan dengan metode TCM selain PCR, Satgas Covid-19 Tana Toraja menfasilitasi berfungsinya alat ini dengan menyiapkan ruang dan wadah pengolahan virus sampel yang aman.

Pihak RSUD Lakipadada bahkan siap menerima rujukan pemeriksaan specimen dari Kabupaten tetangga jika diperlukan misalnya Kabupaten Enrekang, Toraja Utara dan kabupaten sekitarnya.(*/UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here