Kepala Kemenag Tana Toraja Jadi Narasumber Hari studi UNIO Regio Makassar Ambon Manado

172
0
Handover (Humas Kemenag Tana Toraja).

Updatekareba.Com, Toraja – selama 5 hari sejak tanggal 05 – 10 Februari 2020, para Pastor Diosesan dari Wilayah Makassar Ambon Manado menggelar kegiatan “Ongoing Formation” di Kab. Tana Toraja.

Kegiatan ini adalah Penyegaran bagi para Pastor demi meningkatkan semangat pelayanan. Untuk tahun ini kegiatan dikemas dalam bentuk hari studi dan refleksi atas “dokumen tentang persaudaraan manusia untuk Perdamaian dunia dan hidup bersama”. Dokumen ini merupakan hasil kesepakatan antara Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik Faus Pransiskus dan Imam Besar al Azhar Ahmad Al-tayyeb februari 2019 lalu di Abu dhabi.

Kegiatan hari studi yang berlangsung di Aula Paroki Gereja Katolik Makale diisi dengan menghadirkan 3 narasumber masing-masing RD. Paulus Christian Siswantoko (Ketua UNIO Indonesia), H. Muhammad M Ag (Kepala Kantor Kemenag Tana Toraja), RD. Yans Paganna’ (Budayawan Toraja).

Sebagai Tokoh masyarakat dan tokoh Agama, H. Muhammad memaparkan berbagai upaya dilakukan dalam membangun moderasi beragama di Toraja.

Memimpin kantor kemenag sejak tahun 2016, H. Muhammad telah banyak melakukan upaya untuk membangun perdamaian dan persaudaraan hidup di Toraja diantaranya harmonisasi kemenag dengan Pemda Tana Toraja, harmonisasi kemenag dengan lembaga keumatan melalui FKUB, dialog lintas agama, membangun presepsi tidak ada mayoritas-minoritas di Toraja serta penggunaan non muslim dan non Kristen yang tidak dikenal di Toraja, aktif menjembatani kegiatan keagamaan seperti MTQ tingkat Provinsi, Pesparani, dan Pesparawi dengan melibatkan semua pegawai tanpa melihat latar belakang agama, edukasi moderasi beragama melalui guru agama dan Penyuluh Agama. Tidak memberi ruang bagi sekte yang dianggap sesat dalam suatu agama (aliran sesat).

Soal refleksi Abu Dhabi, H. Muhammad menyebut bahwa apa yang dilakukan oleh kedua Tokoh dunia itu adalah cerminan dari tuntutan zaman. (Ars/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here