Kepiawaian Tangan Dingin Rinto, Sosok Calon Pemimpin Muda Toraja Utara

367
0
Yosia Rinto Kadang.

Updatekareba.Com, Toraja – Pasca pendaftaran dan verifikasi pasangan calon Pilkada Toraja Utara tahun 2020, Peta perpolitikan Toraja Utara pun berubah. Dukungan Partai di Parlemen Toraja Utara sudah kelihatan dan terbaca.

Situasi ini pasti berdampak pada atmosfer pola perpolitikan di Toraja Utara, dimana ada tiga pasangan calon akan memperebutkan komando roda pemerintahan Toraja Utara, periode kedepan.

“Dengan adanya tiga paslon, maka akan merubah peta politik menuju pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara, pada Bulan Desember 2020 mendatang,” kata Pengurus DPD Hanura SulSel, Anthon Paranoan, Selasa (15/9/2020).

Masih menurut Anthon, sudah banyak para bakal calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara. Bahkan, nama dan foto calon tersebut sudah beredar di media sosial.

Hal itu, tentu sudah dianggap wajar karena pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara, menyisakan waktu yang cukup singkat yakni lebih kurang 3 bulan lagi.

Salah satu paslon yang maju, yakni Tokoh Muda masyarakat Toraja Utara dan saat ini menjabat Wakil Bupati Toraja Utara, foto dan namanya sudah tersebar di berbagai pelosok penjuru. Dan diberbagai Media Sosial (Medsos), kerap menjadi perbincangan hangat di kalangan Nitizen (Warganet).

Selain sosok tokoh muda, energik dan agamais, Rinto juga sosok pria bertangan dingin yang telah sukses membawa DPD Partai Nasdem meraih penambahan kursi di Parlemen dengan total 6 (enam) kuris di DPRD Toraja Utara dan terpilih menjadi Ketua DPRD Toraja Utara periode 2019 – 2024.

“Ya, siapa lagi kalau bukan Yosia Rinto Kadang yang berpasangan dengan Yonathan Pasodung, atau yang akrab di sapa RINDU ,” kata Anthon yang juga merupakan mantan dosen Yosia Rinto Kadang dikampus UKI Paulus Makassar, sembari senyum bangga.

Dijelaskan Anthon, Rinto di jagokan menjadi Calon Bupati Toraja Utara bukan tanpa alasan, kepiawaian tangan dinginnya juga sudah teruji.

“Rinto juga telah mngantarkan istrinya lolos menjadi anggota DPR RI saat Pileg 2019 lalu. Ini bukti jiwa pengayom Rinto yang muda dan juga sudah menjadi panutan bagi politikus di Sulawesi Selatan,” urainya, menambahkan.

Anthon juga menyebutkan sosok kepemimpinan Rinto sudah terlihat ketika menjadi Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil UKI Paulus Makassar.

“Waktu Rinto jadi ketua himpunan, saya saat itu jabat Wakil Dekan bidang kemahasiswaan di Fakultas Teknik UKIP, dan Rinto bisa membawa banyak prestasi sampai tingkat nasional,” tambah Anthon Paranoan.

Sementara Yosia Rinto Kadang mengungkapkan dirinya maju diPilkada tahun ini bukanlah kompetisi.

“Ini adalah ajang untuk mengabdi. Dan lebih jauh dari itu, ini perkara hati. Hati yang menginginkan Toraja Utara agar jauh lebih baik lagi. Bukan sekadar tidak mundur. Tapi memang harus maju. Bukan hanya untuk bangkit. Karena menurut saya Toraja Utara tak pernah jatuh,” ungkap Yosia Rinto Kadang.

Lanjut Rinto, dengan dukungan dari semua pihak, dari semua elemen masyarakat, dirinya akan membawa Toraja Utara untuk mengepakkan sayapnya agar terbang lebih tinggi.

“Ini memang tugas berat. Tapi saya yakin dan mampu”, tegas Rinto.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here