Keren..!! Ini Pasar Bambu Di Toraja Utara, Dijamin Halal

2001
0

Updatekareba.Com, Toraja – Pemerintah Lembang Tonga Riu, Kecamatan Sesean Suloara, Toraja Utara, membuat pasar tradisional bambu.

Pasar tradisional bambu ini bukan menjual bambu namun seperti pasar – pasar lainnya, dipasar ini tersedia makanan, minuman, bahkan souvenir yang dijamin halal.

Nah uniknya lagi pasar yang dibiayai dari Anggaran Dana Desa Lembang Tonga Riu, transaksi tidak menggunakan uang, namun ada penukaran yang semacam koin khas yang terbuat dari bambu dan tertera nominal uang yang ditukarkan.

“Pasar Bambu To’ Kumila’, Lembang Tonga Riu, Kecamatan Sesean Suloara’, Toraja Utara. Dalam rangka promosi wisata hutan bambu, siap dikelola oleh Badan usaha Milik Lembang dan dengan menggunakan Dana Desa 2019, selain bantuan hibah dari lembaga donor,” kata Pendamping Desa khususnya Tenaga Ahli P3MD, Semuel Rianto Tappi, dalam pesan What’s App, Sabtu (23/2/2019) malam.

Pendamping Desa khususnya Tenaga Ahli P3MD ini menjelaskan sangat mendorong agar obyek wisata hutan bambu ini agar lebih baik penataan dan pengelolaan nya diharapkan dapat ditopang oleh Dana Lembang (APBN) 2019 dan dalam pengelolaan mnya di kelolah langsung oleh Badan Usaha milik lembang.

“Sehingga obyek wisata ini murni Dikelolah oleh lembang dan menjadi sumber pendapat lembang (PAL),” ungkap Semuel Rianto Tappi.

Lokasinya dari pasar yang juga baru dibuka ini berada di dusun To’ Kumila, Lembang Tonga Riu Kec Sesean Suloara, sekitar 700 meter jalan menuju Parandangan Buntu Pepasan dari persimpangan Landorundun – Batutumonga.

Atau sekitar 1,5 Km setelah obyek wisata Lo’ko”mata.

Obyek wisata buka tiap hari. Khusus pelaksanaan Pasar Bambu hanya diadakan setiap tanggal 23 setiap bulannya.

“Kue dan makanan yg disajikan halal dan merupakan makanan tradisional, disuguhi kopi dgn menggunakan bambu, diiringi musik tradisonal dan pertunjukan kesenian toraja,” kata pria yang juga disapa Tegas.

Ayo ke Toraja, ingat tanggal buka pasar tradisional bambu ini ya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here