Ketua DKPP RI Serahkan Bibit Pohon Kepada Komunitas Milleanial Toraja Peduli Di Lounching Pilkada Toraja Utara 2020

391
0
Pemberian bibit pohon kepada Komunitas Milleanial Toraja Peduli pada Lounching Pilkada serentak Toraja Utara, Sabtu (29/2/2020).

Updatekareba.Com, Toraja – Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI, Prof. Muhammad menghadiri Peluncuran Pemilihan Umum Serentak Toraja Urara 2020 di Objek wisata Ke’te Kesu, Kecamatan Kesu, Kabuaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, Sabtu (29/2/2020).

Lounching tahapan Pilkada TorJa Utara yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Toraja Utara.

Selain Ketua DKPP RI, loaunching ini juga dihadiri Komisioner KPU RI Ilham Saputra, dan Komisioner Bawaslu RI Muchammad Afifuddin.

Dalam laporannya Ketua KPU Toraja Utara, Bonnie Freedom, menyampaikan dukungan Pemkab Toraja Utara telah menyetujui dan menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) sejumlah Rp30 miliar untuk KPU Toraja Utara. Anggaran tersebut untuk membiayai seluruh rangkaian tahapan pelaksanaan Pilkada Toraja Utara tahun 2020.

Sementara Prof. Muhammad, saat sambutan mengungkapkan demokrasi yang diawali dari pemilu, harus menghasilkan pemimpin yang berintegritas. Dan pemilu yang berintegritas, diawali dari Penyelenggara Pemilu yang berintegritas.

“Syarat utama pemilu yang demokratis, adalah regulasi yang jelas dan tegas, peserta pemilu yang taat aturan, pemilu yang cerdas dan partisipatif. Kemudian birokrasi netral serta penyelenggara yang kompeten dan berintegritas,” ungkap Prof. Muhammad.

Ketua DKPP RI ini juga menyamaikan penyelenggara (pemilu) yang kompeten dan berintegritas juga menjadi salah satu syarat terciptanya pemilu yang demokratis.

“Semua negara demokrasi pasti menyelenggarakan pemilu, tapi tidak semua pemilu berlangsung secara demokratis,” pungkas Muhammad.

Dalam lounching yang terasa berbeda dan yang pertama di Indonesia untuk ukuran laounching tingkat Kabupaten juga diserahkan bibit pohon kepada Komunitas Milleaniel Toraka Peduli sebagai pemilih pemula.

Pihak KPU Toraja Utara berkomitmen untuk mengajak pemilih pemula terlibat dalam Pilkada serentak 2020 dan bebas dari politik uang.

Juga dilaksanakan pelantikan 105 Panitia pemilihan Kecamtan (PPK) pada 21 Kecamatan di Toraja Utara.

Ketua KPU Sulsel, Faisal Amir yang hafir dalam lounching ini menjelaskan Toraja ini adalah warisan dan bagian dari peradaban Sulsel. Jangan kita mengotori kemuliaan-kemuliaan yang diwariskan oleh leluhur kita, karena hasil yang baik hanya diperoleh dari proses yang baik.

“Kami menghimbau kepada masyarakat Toraja Utara untuk melaksanakan proses Pilkada dengan baik untuk menghasilkan pemimpin yang baik pula,” ucap Ketua KPU SulSel ini.(*/UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here