Ketua DPD RI Kunker Ke Toraja Terkait Pengembangan Pariwisata Dan Kopi Toraja

114
0
Handover (Diskominfo Toraja Utara).

Updatekareba.Com, Toraja – Kunjungan Kerja (Kunker) Ketua DPD RI, A.A Lanyalla Mahmud Mattalitti bersama pimpinan dan anggota komite II DPD RI dalam rangka penyerapan aspirasi dan mengetahui kemajuan pembangunan daerah melalui kegiatan ekonomi dan investasi (12/02/2020) dipusat di Misliana Hotel.

Sambutan Ketua DPD RI A.A Lanyalla Mahmud Mattalitti ” melakukan kunjungan kerja di provinsi sulawesi selatan untuk menampung aspirasi, masukan dari masyarakat dan secara khusus berkunjung dan menginap di Kabupaten toraja utara, aspirasi yang telah disampaikan melalui bapak bupati juga akan kami kawal”, kata Ketua DPD RI.

Dalam pembangunan kita perlu Mempersiapkan generasi muda dan menggugah jiwa muda dalam dunia pertanian, sesuai instruksi presiden jokowi bahwa Indonesia kedepan siap bersuasembada pangan dan itu dinilai sangat relevan sehingga sahabat saya yang hadir di tempat ini agar bersama-sama melakukan pengawasan terhadap undang-undang nomor 22 tahun 2019 tentang sistem budidaya pertanian berkelanjutan”, tambah A.A Lanyalla Mahmud Mattalitti.

Dalam setiap kunjungan kerja di daerah, kegiatan investasi juga dilakukan untuk menopang pertumbuhan ekonomi di daerah. Ketua DPD RI ini yang biasa disebut RI 7, mengagumi Keindahan alam Toraja yang dinilai sangat indah terutama kopi Toraja yang sudah dikenal dunia hal ini menjadi tantangan bagi kepala daerah untuk bagaimana menggerakan seluruh potensi yang dimiliki baik melalui sumber daya manusia dan kekayaan alam yang dimiliki, serta berterimakasih kepada Pemda Toraja Utara atas undangan dan penerimaan yang hangat, undangan ini difasilitasi anggota Dpd ri asal toraja ibu Lily amelia salurapa, terangnya

“Ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini memiliki peran penting dalam menyebarluaskan informasi yang ada sekaligus wahana promosi”, jelasnya.

Sambutan Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan menyampaikan selamat datang di negeri diatas awan bumi Pongtiku, kita sangat bersyukur atas sejarah baru pertama kalinya ketua DPD RI dan 4 anggota DPD RI lainnya hadir di kabupaten toraja utara ini merupakan catatan dan momentum dimana daerah kita sudah mendapatkan perhatian, perhitungan seperti hadirnya jajaran DPD RI di tempat ini.

“Dilaporkan bahwa kabupaten toraja utara adalah daerah pemekaran dari kabupaten tana toraja yang memiliki 21 kecamatan dan 111 lembang dan 40 kelurahan. Dalam kurun waktu 11 tahun kami telah memiliki 2 periode pemerintahan bupati dan saya adalah periode kedua dan saat ini daerah ini yang daerah memiliki potensi pariwisata sehingga kebijakan kami bersama wakil bupati ialah mengambil kebijakan kami terkait pariwisata”, kata Bupati Toraja Utara.

Saat ini kami telah menyelesaikan akses infrastruktur menuju pariwisata ditunjang penyelesaian bandara guna penunjang wisatawan yang datang di toraja.

“Itulah kami memilih kebijakan pariwisata ini sebagai mata rantai penunjang selain itu di sektor pendidikan disampaikan bahwa dalam evaluasi badan penjaminan mutu pendidikan di sulawesi selatan mendapatkan posisi lima besar dalam dua tahun ini”, tambah Bupati.

Dalam acara ini Bupati menyematkan Passapu dan sarung sebagai penghargaan tokoh kehormataan, sebelum kembali KETUA DPD RI menyempatkan menikmati keindahan negeri diatas awan Lolai.

Upaya kami dalam mengembangkan kegiatan ekonomi sosial budaya kami berhasil meningkatkan 4 jalan Provinsi.

“Dilaporkan juga bahwa Pemkab Toraja Utara juga mendapatkan wajar tanpa pengecualian (WTP) empat kali berturut turut dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Republik Indonesia”, lapor Bupati Kalatiku Paembonan.

Hadir dalam kegiatan Forum Komuniikasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) Toraja Utara, Sekda Toraja Utara, Para Asisten Sekab Torut, Para Staf Ahli Sekab Torut, Kepala OPD Sekab Torut, Para Kabag Sekab Torut, Para Camat dan stakeholder terkait.

Rombongan Delegasi
1. Ir. H. AA. Lanyalla Mahmud Mattalitti, Ketua DPD RI

2. Lily Amelia Salurapa, Anggota DPD RI Prov. Sulsel

3. Hasan Basri, Anggota DPD RI Prov. Kalimantan Utara

4. Ajbar, Anggota DPD RI Prov. Sulawesi Barat

5. Alexander Fransiscus, Anggota DPD RI Prov. Bangka Belitung.(*/UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here