KNPI Apresiasi KPU Toraja Utara Transparan dan Selektif Rekrut PPK Pada Pilkada 2020

223
0
Proses seleksi tertulis secara on line calon PPK pilkada 2020 oleh KPU Toraja Utara, Kamis (30/1/2020).

Updatekareba.Com, Toraja – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2020, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Toraja Utara sesuai Peraturan KPU Nomor 16 Tahun 2019 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan Pilkada 2020 telah membuka pendaftaran badan adhoc calon PPK dalam Piikada Toraja Utara 2020 yang dimulai tanggal 15 Januari 2020 untuk PPK.

Pembentukan badan adhoc Pilkada 2020 adalah untuk membantu KPU dalam melaksanakan tahapan-tahapan penyelenggaraan Pilkada ditingkat Kecamatan dan Desa/Kelurahan.

Wakil Ketua KNPI Toraja Utara, Ardi Lulun, mengungkapkan rasa bangganya melihat KPU Toraja Utara yang transparan dan selektif serta profesional dalam merekrut badan adhoc PPK Pilkada 2020 mendatang.

“KPU Toraja Utara dalam memilih badan adhoc PPK benar-benar yang memenuhi kriteria persyaratan penilaian sebagaimana diatur dalam Peraturan KPU Nomor 13 Tahun 2017 tentang pembentukan PPK, dan Surat Edaran KPU Nomor 12/PP.04.2-SD/01/KPU/I/2020 tanggal 10 Januari 2020, agar calon terpilih dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya dengan baik,” kata Ardi Lulun

Mantan Ketua Cabang GMKI Toraja ini menyampaikan Badan adhoc PPK yang terpilih nantinya tidak cukup hanya memiliki pengalaman kepemiluan dan memahami peraturan perundang undangan terkait Pilkada, namun yang paling penting dan harus dimiliki oleh calon PPK adalah integritas dan independensi dalam melaksanakan tugasnya sebagai penyelenggara

“Sehingga PPK yang terpilih nantinya adalah putra-putri terbaik yang akan bekerja secara profesional mensukseskan gelaran Pilkada tanggal 23 September 2020 nanti,” katanya.

Sementara Ketua KNPI Toraja Utara, Belo Tarran, mengatakan KPU Toraja Utara telah transparan dalam seleksi ini dan ini perlu kita dukung bersama. KNPI Toraja Utara berharap dalam proses seleksi badan adhoc pilkada ini, Proses seleksi harus jauh dari syarat kepentingan dan kecurangan, untuk memuluskan calon tertentu yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Peserta seleksi PPK yang mendapatkan nilai tes tertulis tinggi benar-benar karena hasil keras kerasnya dalam belajar, bukan karna hasil nyontek,” kata Belo Tarran.

“Jadi saya yakin KPU Toraja Utara akan dapat melaksanakan proses seleksi badan adhoc PPK dan PPS dengan baik, transfaran, selektif dan profesional serta kredibel untuk mewujudkan Pilkada Toraja Utara yang jujur, berkualitas, berkeadilan dan bermartabat,” pungkas Ketua KNPI Toraja Utara.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here