KNPI Toraja Utara Bertemu Dandim 1414 Tator, Bahas Soal Tapal Batas Dan Napak Tilas Pongtiku

488
0
Pengurus KNPI Toraja Utara bersama Dandim 1414 Tana Toraja Letkol CZI Zainal Arifin.

Updatekareba.Com, Toraja – Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Toraja Utara periode 2019 – 2022, di bawah kepemimpinan Belo Tarran melakukan silaturahmi dengan Kodim 1414 Tana Toraja, Rabu (19/2/2020).

Dandim 1414 Tana Toraja Letkol CZI Zainal Arifin, menerima langsung rombongan Pengurus KNPI Toraja Utara ini.

Ketua DPD KNPI Toraja Utara, Belo Tarran mengatakan, kehadiranya beserta jajaran merupakan bentuk upaya menyambung hubungan silaturrahmi pemuda dengan pihak Kodim.

“Juga untuk mempererat ikatan persatuan dan kesatuan para pemuda dengan jajaran penjabat Forkompinda di Kabupaten Toraja Utara, sehingga dengan telah terciptanya kedekatan emosional itu akan memudahkan langkah koordinasi serta komunikasi ke depan,” kata Belo Tarran.

Dalam diskusi dengan Dandim ini juga dibahas soal tapal batas antar Toraja Utara dengan Kabupaten Luwu, Luwu Utara, Palopo, dan Mamuju.

“Ada dua isu yang kami KNPI ingin konsultasikan dengan Pak Dandim, yakni soal tapal batas Kabupaten Toraja Utara dengan beberapa Kabupaten tetangga yang belum jelas, karena ini bisa menjadi persoalan di kemudian hari,” ujar Belo.

Selain isu tapal batas, KNPI Toraja Utara juga mengusulkan dilaksanakannya kembali napak tilas Pongtiku dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Nasional Pongtiku, bulan Juli 2020 mendatang.

“Kegiatan napak tilas Pongtiku ini adalah program kerja kami dengan tujuan membangkitkan kembali jiwa nasionalisme dan penghargaan kepada jasa pahlawan nasional Pongtiku,” tambah Ketua KNPI Toraja Utara.

Sementara itu Dandim 1414 Tana Toraja mengatakan mereka sangat tersanjung dengan kedatangan KNPI/Pemuda, yang diartikan sebagai dukungan moral serta komit pemuda dalam membantu tugas – tugas dari TNI.

“Organisai pemuda merupakan komponen cadangan (kawannya tentara dalam menyejahterakan masyarakat) mitra kita dalam melakukan aksi sosial di masyarakat,” kata Letkol CZI Zainal Arifin.

Persoalan tapal batas, Letkol CZI Zainal Arifin, mengungkapkan tapal batas Toraja Utara ini bisa selesai asal ada keseriusan Pemkab Toraja Utara.

“Kalau serius Pemkab, ya bangunlah pintu gerbang dengan besar di daerah perbatasan, jangan yang kecil mudah aja di pindahkan, kami pihak TNI pun siap membantu persoalan tapal batas ini,” ucap Dandim.

Dandim pun berjanji akan bertemu dengan Bupati Toraja Utara untuk penyelasain tapal batas ini.

“Intinya harus tegas, dan saya ajak KNPI kita kawal sama – sama persoalan tapal batas ini,” terang Dandim.

Dandim 1414 Tana Toraja juga menyatakan dukungannya untuk dilaksanakan kembali kegiatan napak tilas Pongtiku.

“Kami Kodim siap melaksanakan, tapi kembali lagi yang punya hajatan soal Hari Pahlawan Nasional ada di Pemkab melalui Dinas Sosial, nanti kami diskusikan dengan Kadis Sosial,” lanjut Dandim.

“Pemuda menjadi pelopor pembaruan demi terwujudnya kemajuan daerah dengan yang tulus dan ikhlas. Serta dapat terus membangun koordinasi dan komunikasi terkait informasi dan perkembangan terkini di tengah masyarakat,” pesan Letkol CZI Zainal Arifin.(*/UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here