Komitmen Bersama Penyelamatan Satwa Di Lembaga Konservasi Terdampak COVID-19

122
0
Handover.

Updatekareba.Com, Toraja – Satwa di Lembaga Konservasi (LK) tetap dipelihara meskipun telah ditutup untuk menghindari penyebaran virus COVID-19 di tempat keramaian. Pemberian pakan dan pemeriksaan kesehatan tetap dilakukan untuk menjamin kesejahteraan satwa di Lembaga Konservasi.

Untuk membantu mereka, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) telah mengalokasikan pakan dan obat obatan bagi LK yang membutuhkan. KLHK juga memberikan dukungan dengan mengirimkan surat resmi ke beberapa Kementerian untuk meminta keringanan atau relaksasi pajak terkait dengan penyediaan pakan satwa.

Penutupan seluruh Lembaga Konservasi di Indonesia sebagai dampak penerapan kebijakan PSBB untuk meminimalisasi penyebaran #COVID19 telah memunculkan isu satwa kelaparan akibat kehabisan pakan. Faktanya, meksipun telah ditutup pemeliharaan terhadap satwa di LK tetap dilakukan. Mulai dari pemberian pakan, pemeriksaan kesehatan hingga menjaga kebersihan lingkungannya.

Dr. H. Rahmat Shah, Ketua Umum PKBSI menyatakan mendukung sepenuhnya upaya pemerintah memutus mata rantai penyebaran virus COVID19. Termasuk di LK. Oleh karena itu seluruh LK di Indonesia telah menutup kegiatan operasionalnya sejak Maret 2020. Penutupan ini jelas berdampak bagi pengelola LK.

Ir. Wiratno, M.Sc. Direktur Jenderal KSDAE KLHK, mengatakan Lembaga Konservasi umum di Indonesia seperti Kebun Binatang, Taman Satwa dan Taman Safari yang telah mendapatkan ijin pemerintah cq KLHK sebanyak 81 unit. Pengelolanya mulai dari badan usaha milik Pemerintah Daerah maupun BUMS. Dengan jumlah koleksi satwa lebih dari 66.845. Penutupan LK mempengaruhi operasional dalam mencukupi kebutuhan pakan dan obat-obatan.

“Kami menegaskan tidak ada LK yang mengorbankan satwa koleksinya untuk dijadikan pakan satwa lain. Pada dasarnya satwa yang ada di LK merupakan satwa milik Negara,” tegas Wiratno.

Pkbsi juga membuka donasinya bagi masyarakat yang ingin ikut andil membantu penyelamatan satwa di #LembagaKonservasi, melalui link di bio akun @pkbsi.(*/UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here