Komitmen Membangun SDM Terbaik, LPDP Membuka Kembali Pendaftaran Beasiswa 2021

229
0

Updatekareba.Com, Jakarta – Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)t sebagai pemegang dana abadi pendidikan untuk SDM Indonesia yang unggul, kembali membuka program beasiswa untuk putra-putri Indonesia yang memenuhi syarat dalam menempuh pendidikan S2, S3, dan riset di universitas terbaik dalam negeri maupun luar negeri.

“Setelah dibuka terbatas di tahun 2020 yang lalu, kini akhirnya LPDP memberanikan diri membuka kembali beasiswa dengan kategori yang lebih luas dengan berbagai pertimbangan dan menyesuaikan penyesuaian mekanismenya,” jelas Direktur Utama LPDP Andin Hadiyanto dalam webinar bertajuk “Beasiswa LPDP 2021: Wujudkan Visi SDM Unggul Indonesia melalui Pendidikan Terbaik Dunia”, Selasa (11/05).

LPDP berusaha membuka berbagai hambatan anak bangsa dari sisi kultural, struktural maupun spasial untuk mengakses pendidikan terbaik. Contohnya LPDP mencatat jumlah awardee LPDP bergender perempuan sebesar 51%. Kesempatan bagi daerah afirmasi maupun daerah tertinggal juga sama besarnya sekaligus penyandang disabilitas. LPDP telah memberangkatkan 25 ribu putra-putri terbaik bangsa, dan 9.000 di antaranya sudah menjadi alumni.

Ia berpesan agar calon alumni setelah kembali dari studi agar memantaskan diri dan memanfaatkan kesempatan sebaik mungkin dari ilmu yang telah didapatkan untuk diterapkan di Indonesia. Untuk calon penerima beasiswa (awardee) yang sedang berjuang mendapatkan beasiswa, ia berharap mereka akan mendapatkan hasil yang diinginkan. Sedangkan untuk awardee yang belum berhasil, ia berpesan agar tidak berkecil hati dan lebih mempersiapkan diri menjadi lebih baik untuk berikutnya.

 

LPDP Telah Memberikan Beasiswa ke 27.995 Putera-Puteri Bangsa

Pemerintah mendukung program transformasi pendidikan nasional untuk mewujudkan SDM Indonesia Unggul. Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) sebagai salah satu perpanjangan tangan pemerintah di bidang pendidikan mengadakan webinar bertajuk “Beasiswa LPDP 2021: Wujudkan Visi SDM Unggul Indonesia melalui Pendidikan Terbaik Dunia”.

“Laporan total Dana Abadi yang dikelola saat ini telah mencapai lebih dari Rp70 triliun dan telah digunakan untuk mendanai beasiswa bagi 29.775 putera-puteri bangsa merengkuh pendidikan unggul di dalam maupun di luar negeri.” Jelas Direktur Beasiswa LPDP Dwi Larso secara virtual, Selasa (11/05).

Berdasarkan data penerima beasiswa, statistik menunjukan lebih dari 51% Awardee LPDP adalah perempuan dan afirmasi terhadap putera-puteri daerah tertinggal maupun Indonesia Timur. Saat ini para penyandang disabilitas punya kesempatan yang sama untuk mengangkat potensi diri dan ikut menjadi solusi pembangunan bangsa.

“Beasiswa LDPD diharapkan dapat mampu meruntuhkan berbagai tembok penghalang yang menghambat putera-puteri terbaik bangsa dalam mengakses pendidikan unggul dunia” ungkap Direktur Utama LPDP Andin Hadiyanto.

Salah satu reformasi struktural dalam arah kebijakan fiskal tahun 2022 diarahkan untuk pendidikan, khususnya mewujudkan SDM unggul dan berdaya saing. Guna mendukung reformasi ini, LPDP pun akan terus meningkatkan pelayanan informasi terkait beasiswa dan membuka kesempatan kepada seluruh masyarakat untuk mendaftar pada berbagai kategori program beasiswa.

Pada tahap I, pembukaan beasiswa akan dilakukan dua kali pada periode Mei. Pendaftaran dibuka mulai 4 Mei – 4 Juni dan proses seleksi hingga didapat Awardee terpilih akan berlangsung sampai dengan 25 Agustus 2021.

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai beasiswa reguler LPDP silahkan klik tautan berikut ini: https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/ sedangkan untuk beasiswa riset silahkan klik tautan berikut ini: https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/in/page/pendaftaran-dan-seleksi.

(nr/ds/hpy/*/UK)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here