Kontingen Pramuka SulSel Catat Peserta Terbanyak Pada Pertikawan Nasional 2019

997
0
Kontingen pramuka Saka Wanabakti KPH Saddang II Kwarcab Toraja Utara di Pelabuhan Makassar menuju Pertikawan Nasional 2019.

Updatekareba.Com, Toraja – Kontingen Kwarda Sulawesi Selatan mengirimkan anggota Pramuka Saka Wanabakti dan Saka Kalpataru ke Pertikawan Nasional 2019 di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta, tanggal 19 sampai 25 November 2019.

Para Pramuka dari kedua saka yang dinaungi Kementrian LHK ini berasal dari 14 Kwarcab dan dua sekolah adiwiyata yang berjumlah 290 orang.

Dalam laporannya Sekertaris Kwarda SulSel, Kakak Rahmansyah, mengatakan kontingen Pramuka Kwarda SulSel merupakan kontingen terbanyak mengikuti Pertikawan Nasional tahun 2019 ini.

Sekertaris Provinsi SulSel,Abdul Hayat Gani, melepas kontingen Kwarda SulSel ini di Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar, Rabu (14/11/2019)

Sementara Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Toraja Utara memberangkatkan tim Saka Wanabakti dan Saka Kalpataru Makassar ke Cibubur. Sebanyak 51 Pramuka Toraja Utara

Dalam siaran persnya Ketua Kwarcab Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang, menyampaikan menyampaikan dukungan terhadap Saka Kalpataru Kabupaten Toraja Utara yang akan mengikuti Pertikawan di Cibubur, pekan ini.

Menurutnya, kegiatan Pertikawan sangatlah positif karena memberikan pendidikan dan pembinaan bagi pramuka Penegak dan pramuka Pandega untuk menyalurkan minat, mengembangkan bakat, kemampuan, pengalaman dalam bidang pengetahuan dan teknologi serta keterampilan khususnya yang berkaitan dengan upaya pengelolaan lingkungan hidup di kabupaten Toraja Utara.

Ia berharap agar nantinya ilmu dan wawasan yang didapatkan selama mengikuti Pertikawan bisa di terapkan di Negeri diatas awan Bumi Pongtiku sebutan daerah Kabupaten Toraja Utara.

“Saya berharap adik-adik tidak membawa diri sendiri tapi membawa nama Kabupaten Toraja Utara bagaimana selama disana bisa membantu mensosialisasikan program pengurangan sampah plastik”, harapnya.

Senada dengan Ka Kwarcab Toraja Utara, Pinsaka Saka Wanabakti KPH Saddang II Toraja Utara, Gazali, menuturkan, Kegiatan Pertikawan di Cibubur ini berlangsung mulai 18 November 2019 hingga 25 November 2019, dimana diperkirakan kurang lebih 20 ribu peserta dari seluruh Provinsi se-Indonesia, kemudian disamping itu ada juga instruktur dan Pamong Saka. Kegiatan-kegiatan berupa Krida.

“Adapun maksud dan tujuan perkemahan bakti rimbawan 2019 ini mengumpulkan seluruh peserta Saka Wanabakti dan Kalpataru untuk menimba ilmu, menambah keterampilan dan menambah silaturahmi antara seluruh peserta Saka Wanabakti dan Kalpataru se-indonesia,” jelas Gazali.

Gazali menambahkan, tema Pertikawan 2019 “Lestarikan Bumi, Sejahterakan Rakyat,” diharapkan generasi muda ini paling tidak memanfaatkan momen tersebut mengambil beberapa kegiatan hikmahnya paling tidak ranahnya bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Rombongan pramuka Kwarda SulSel ini rencananya akan diterima secara khusus panitia Pertikawan Nasional 2019 di pelabuhan Tanjung Perak Jakarta, Minggu (17/11/2019) besok.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here