KPP Pratama Makassar Barat Edukasi BNNP SulSel : Isi SPT Tahun 2019

97
0
Handover (BNNP SulSel).

Updatekareba.Com, Makassar – penyampaian SPT tahunan adalah kewajiban setiap orang atau perseroan di republik ini. Setiap penerimaan dan pembelanjaan akan dikenakan pajak, apakah PPN, PPh atau pajak sewa. Pajak yang dipungut oleh pemerintah akan dimanfaatkan untuk menyokong pelaksanaan pembangunan di tanah air.

Oleh karena semakin dekatnya batas waktu penyampaian SPT tahunan di bulan Maret 2020 ini, BNNP Sulawesi Selatan melalui Subbag Administrasi menginisiasi kegiatan edukasi tatacara penyampaian laporan SPT tahunan pada aplikasi DJP Online dengan menghadirkan narasumber penyuluh dari Direktorat jenderal Pajak melalui kantor Pajak Pratama Makassar Barat. Dilaksanakan di ruangan Rapat BNNP Sulawesi Selatan jalan Manunggal 22, Kelurahan Maccini Sombala, Makassar(24/02/20).

Menyampaikan bahwa laporan pajak tahunan wajib untuk dilaporkan oleh orang per orang ataupun perusahaan untuk dapat dilakukan rekonsiliasi data antara masyarakat selaku wajib pajak dengan direktorat pajak selaku pengelola dan pelaksana administrasi perpajakan di Indonesia. Dahulu pelaporan pajak dilakukan secara manual dengan mengisi formulir dan mengantarkan langsung lembar formulir yangbtelah diisikan ke kantor pajak Pratama.

Saat ini seiring dengan perkembangan zaman, direktorat jenderal pajak kementerian keuangan beberapa tahun ini telah mengembangkan aplikasi yang memudahkan para wajib pajak untuk melaporkan aktifitas pembayaran pajak PPN, PPh dan pajak sewa yang dilakukan dalam kurun waktu satu tahun.

Namun dalam pelaksanaannya dijumpai kesulitan dari pihak wajib pajak karena untuk mengakses aplikasi wajib pajak harus memiliki elektronik mail (email) yang menjadi alat untuk mengirim dan menerima notifikasi aktifitas dalam aplikasi DJP Online.

Bahkan mungkin banyak wajib pajak yang masih dibantu oleh pihak lain untuk mengisi laporan SPT Tahunan, yang membantu pengisian data laporan SPT biasanya rekan kerja atau pihak lain yang lebih paham menggunakan aplikasi DJP Online.

Melalui kegiatan ini diharapkan setiap personil BNNP Sulawesi Selatan dapat memahami tatacara pengisian form online SPT tahunan sehingga tidak ada lagi personil yang tidak melaporkan SPT tahunan di setiap periodenya.(*/UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here