KPU Toraja Utara Akan Terus Koordinasi Data Pemilih

82
0

Updatekareba.Com, Toraja – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Toraja Utara (Torut), Sulawesi Selatan menggelar rapat koordinasi (rakor) pemutakhiran data pemilih berkelanjutan (PDPB) di Ruang Rapat KPU Torut, Rantepao, Senin (20/12/2021).

Rakor PDPB ini menurut peraturan KPU nomor 6 tahun 2002 yang dilakukan per triwulan (3 bulan) sekali dengan melibatkan dinas dukcapil, Polres, TNI, Bawaslu dan dari pihak-pihak yang bisa memberi masukan terhadap data pemilih.

Dalam rakor ini Ketua KPU Torut, Bonnie Freedom meminta kepada dinas dukcapil untuk lebih menertibkan data penduduk sekaligus meminta kepada dukcapil membuat program turun langsung ke sekolah untuk merekam e-KTP untuk Pemilih pemula di SMA/SMK.

“Kita mengharapkan dengan keterlibatan semua stakeholder, data pemilih akan semakin baik, semakin akurat, komprehensif dan lebih mutakhir terkini sehingga dari waktu ke waktu secara periodik setiap bulan kita akan update data pemilih.”kata Bonnie.

Sementara salah satu anggota KPU Torut Divisi dat dan informasi, Simeon Sarira, dalam menanggapi masukan TNI – Polri bahwa akan membicarakan, melihat dan berkordinasi dengan dukcapil terkait dengan data penduduk yang lulus dalam kepolisian maupun tentara.

“Sekiranya setiap waktu kami membersihkan data maupun menambah, seperti daftar pemilih yang baru cukup umur (pemilih pemula), juga misalnya ada yang pensiun TNI Polri, baru lulus ataupun juga ada yang baru pindah masuk di wilayah Toraja Utara, KTP yang baru itu bisa kita tambahkan sebagai pemilih baru,”terang Simeon.

Lanjutnya bahwa selain itu, pihaknya juga membersihkan data pemilih yang meninggal dunia, tidak layak memilih lagi.

“Sehingga kita hapus dari daftar pemilih, selain itu juga misalnya ada pemilih kita yang ada kesalahan data pemilih seperti salah namanya salah namanya atau NIK salah itu bisa kita perbaiki di pemutahiran data berkelanjutan”pungkasnya.

Ditambahkan satu anggota KPU Torut Divisi Teknis Penyelenggaraan, Jan Hary Pakan, pada kesempatannya mengatakan bahwa untuk mempercepat data pemilih, KPU tetap berkordinasi dengan kepala Lembang/desa, yang belum melakukan perekaman e-KTP.

“Kami selalu jalan ke desa-desa tapi kami tidak melihat perkembangan penduduk karena desa tidak memperlihatkan papan potensi,”kata Jan Hary.

Untuk informasi, dari rakor PDPB menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) bulan September sebanyak 167.767 pemilih, DPT bulan Oktober sebanyak 167.793 pemilih dan DPT bulan November sebanyak 167.802 pemilih. Untuk pemilih bulan Desember akan dirapatkan tahun depan (03/01/2022).(*/UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here