Kunker Di Lembang Embatau, Wabup Toraja Utara Bantu Ribuan Benih Ikan Dukung Program Ketahanan Pangan

362
0
Kunjungan kerja Wabup Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang, ke Lembang Embatau, Kecamatan Tikala, Jumat (5/6/2020).

Updatekareba.Com, Toraja – Di era Pandemi Covid-19 ini, program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toraja Utara salah satunya yaknj menggiatkan program ketahanan pangan.

Hal tersebut dikatakan Wakil Bupati Toraja Utara Yosia Rinto Kadang, melakukan kunjungan kerja ke Lembang Embatau, Kecamatan Tikala, dan memberikan bantuan ribuan benih ikan Lele, Jumat (5/6/2020).

Menurut Wabup Rinto, ketahanan pangan bisa menjadi masalah yang sangat urgent di era pandemi maupun pasca pandemi Covid-19. Hingga saat ini, pandemi Covid-19 ini telah menyebar sedikitnya di 213 negara termasuk Indonesia.

Ketahanan Pangan berdasarkan Perpres Nomor 17 Tahun 2015 lanjut Wabup Rinto, adalah kondisi terpenuhinya pangan bagi negara sampai dengan perseorangan, yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutunya, aman, beragam, bergizi, merata, dan terjangkau serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat, untuk dapat hidup sehat, aktif, dan produktif secara berkelanjutan.

Menurutnya, ketahanan pangan suatu daerah sangat penting, karena hal tersebut terkait dengan dimensi Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial-Budaya dan Pertahanan Keamanan. Sesuai dengan Undang-undang nomor 12 tahun 2012 tentang Pangan.

“Selain sayur mayur, Pemkab Toraja Utara juga meminta agar warga melakukan pembudidayaan ikan, dan saya akan minta Dinas Perikananan Toraja Utara dapat memfasilitasi bantuan bibit ikan,” kata Rinto.

Rinto berharap, langkah ini bisa dilakukan secara optimal dan berkesinambungan, selain itu masyarakat dapat mengambil manfaat dari budidaya ikan dan menerapkannya di lingkungan keluarga masing-masing, sehingga kebutuhan gizi dan protein keluarga bisa tercukupi dengan mudah dan murah, dan lebihnya bisa dimanfaatkan untuk menambah ekonomi keluarga.

Selain masalah ketahanan pangan, Wabup Toraja Utara juga menekankan kepada masyarakat di Lembang Embatau untuk terus disiplin mempertahankan pola hidup sehat sebagai modal dasar yang mudah, yaitu cukup istirahat, cukup makan, cukup olahraga, hindari stress, selalu jaga rarak dan gunakan masker, sesering mungkin cuci tangan atau gunakan hand sanitizer.

Sementara Kepala Lembang Embatau, Rio, menyampaikan rasa terima kasih atas perhatian dan bantuan bibit ikan lele dari Wabup Toraja Utara kepada masyarakatnya.

“Bantuan dari Pak Wabup ini akan kami sebar ke kolam – kolam masyarakat yang ada di Lembang ini,” ungkap Rio.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here