Kunker Ke Daerah Ujung Timur Toraja Utara, Wabup Rinto : Siap New Normal, Namun Jangan Lengah

204
0
Wabup Toraja Utara Yosia Rinto Kadang saat kunjungan kerja ke Lembang Rantebua Sangalangi', Sabtu - Minggu (13-14/6/2020)

Updatekareba.Com, Toraja – Pemerintah Toraja Utara siap menyambut kehidupan normal baru atau disebut New Normal.

Itu ditegaskan Wakil Bupati Toraja Utara, saat melakukan kunjungan kerja di Lembang Rantebua Sanggalangi’, Kecamatan Rantebua, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, Sabtu sampai Minggu (13-14/6/2020).

Menyambut kehidupan New Normal, sejauh ini sudah Pemkab Toraja Utara telah melakukan persiapan dan koordinasi bersama pihak terkait untuk membahas kesiapan-kesiapan kedepannya.

“Kita harus sama-sama siap menghadapi New Normal. Namun jangan lengah, tetap waspada,” tutur Yosia Rinto Kadang.

Kesiapan itu mulai dari jalur perhubungan atau perlintasan. Seperti masyarakat yang melintas dari Toraja Utara atau sebaliknya. Mereka yang melintas harus memiliki surat keterangan sehat dari puskesmas atau rumah sakit daerah asal mereka, untuk kemudian diperlihatkan kepada petugas pos yang menjaga.

“Saat melalui pelintasan perbatasan, juga harus dilakukan cek suhu tubuh,” tambahnya.

“Jangan sampai masyarakat Toraja Utara sudah aman, tapi orang dari luar daerah yang datang bawa virus. Kita kan gak tahu dia sehat atau tidak, makanya perlu kewaspadaan,” kata Rinto.

Lanjut Rinto, selain kesiapan di jalur perhubungan, juga dilakukan kesiapan di sarana publik. Seperti di gereja dan mesjid, akan disiapkan fasilitas pencuci tangan dan pengecekan suhu tubuh bagi umat yang masuk dan keluar rumah ibadah. Begitupun dengan pasar, hotel, tempat wisata, dan fasilitas umum lainnya, akan dilakukan hal sama.

Ia mengimbau masyarakat Toraja Utara, dalam tatanan hidup normal baru ini tetap saling menjaga kondisi kesehatan. Agar tidak ada lagi penambahan jumlah pasien positif corona. Penerapan protokol kesehatan juga harus berlaku agar secara meminimalisir penyebaran covid-19.

“Hal ini tentunya HARUS disertai dengan penerapan protokol menjaga kesehatan yang Ketat & Disiplin dari masyarakat,” lanjut Rinto.

Dalam kunjungan kerja ini bersama Kepala Lembang Rantebua Sanggalangi’, Usman Lumpa Makassa, Wabup Rinto juga melihat kondisi akses jalan yang adan di daerah perbatasan Toraja Utara dengan Kabupaten Luwu dan Kabupaten Tana Toraja ini.

Rinto juga menyempatkan diri melihat potensi wisata di Lembang yang ada di ujung timur Kabupaten Toraja Utara ini.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here