Launching PDkT Toraja Utara dan Webinar Covid-19

363
0
Handover.

Updatekareba.Com, Toraja – Sesuai rencana maka Serial Webinar Daring oleh PDkT Toraja Utara telah dilaksanakan pada tanggal 17 Juli 2020 selama hampir 4 jam, dimana Tema Webinar I ini tentang BEBAS COVID-19 DAN MENUJU ERA NEW NORMAL DI TORAJA.

Selain menyambut Hari Jadi ke-12 Toraja Utara yang jatuh pada tanggal 21 Juli 2020, juga sekaligus Launching suatu wadah yang bernama: POJOK DISKUSI TONDOKTA yang disingkat: PDkT Toraja Utara dengan motto: Semua Pasti Tahu, oleh Founder PDkT Toraja Utara, DR. Dr. Siswanto Pabidang, SH, MM.

Dalam acara webinar ini ada tiga narasumber yaitu Dr. Tjandra Manukbua, Sp. THT-KL, MH, Pdt. DR. Alfred Anggui, dan Pdt. Dr. Mesak Sule, Sp. B, MTh. dengan masing-masing judul yang dibawakannya.

Dr. Tjandra membawakan materi dengan judul: Hidup Bersama Corona, menjelaskan bahwa Corona Virus ini berawal dari Wuhan yang menyebar ke seluruh dunia, dimana data terakhir yang tercatat secara Nasional ada 80.094 terkonfirmasi, Tana Toraja 38, dan Toraja Utara 9; sedang dalam perawatan Nasional 37.247 (46,5%), Tana Toraja 26 (68,3%) dan Toraja Utara 3 (33,3%); yang dinyatakan sembuh Nasional 39.050 (47,8%), Tana Toraja 9 (23,7%) dan Toraja Utara 5 (55,5%); sedangkan yang wafat Nasional 3.797 (4,7%), Tana Toraja 1 (2,6%) dan Toraja Utara 1 (11,1%).

Menurut Dr. Tjandra kita perlu mengenal Corona agar kita menyayangi diri kita karena Corona ini pembunuh ‘berdarah dingin’, yang tidak punya perasaan dan tidak mengenal sara.

Pdt. Alfred Anggui menyampaikan materi dengan judul: Peranan Gereja Toraja dalam Memberantas Covid-19 dan Kesiapan Menuju Era New Normal, mengatakan bahwa Gereja Toraja melalui Crisis Centre Gereja Toraja melakukan beberapa kegiatan antara lain seperti pengumpulan donasi APD dari berbagai kalangan karena adanya kesadaran bahwa kekuatan modal sosial atau gotong royong dan partisipasi masyarakat Toraja sangat luar biasa, terbukti pada kejadian bencana mulai dari Tsunami Palu, masa Pandemi Corona, dan sekarang ini bencana banjir di Masamba.

Adapun materi ketiga dengan judul: Peranan Imun dan Iman salam Menghadapi Covid-19, dengan narasumber Dr. Mesak Sule, mengatakan bahwa sistem imun dalam tubuh kita kerjanya mendeteksi sesuatu yang berbahaya bagi tubuh kita misalnya virus Corona yang bereaksi dengan cara mengirim sel darah putih untuk membentuk antibodi yang akan melawan virus tersebut. Sedangkan iman adalah segala sesuatu kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat. Dengan iman yang kuat kita sanggup menghadapi virus Corona dengan selalu mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Dalam Webinar kali ini banyak masukan dan saran yang disampaikan para peserta seperti agar dalam masa New Normal ini jangan mengendurkan kewaspadaan terhadap COVID-19 atau bahkan terlena dengan istilah daerah hijau dengan resiko rendah.

Masukan lain seperti meningkatkan tracking dan menggencarkan pelaksanaan rapid tes, adanya bantuan peralatan PCR, koordinasi antar lintas sektor ditingkatkan. Ketaatan menjalankan protokol kesehatan seperti selalu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Dalam acara rambu tuka’ dan rambu solo’ agar ampu sara’ betul-betul bisa menjadi panutan misalnya menyediakan masker untuk semua tamunya.

Pada kesempatan ini PDkT Toraja Utara menyampaikan turut prihatin atas kejadian bencana banjir yang dialami Masamba, semoga keluarga, masyarakat tetap tabah dan Pemerintah Kabupaten Luwu Utara bisa segera berbenah. Begitu juga ucapan belasungkawa dan duka yang mendalam atas berpulangnya Bapak Eddy Papayungan yang akrab disapa Om EP beberapa waktu lalu, kiranya keluarga yang ditinggalkan mendapat kekuatan dan penghiburan dari Tuhan.

Dalam webinar ini nampak hadir pula Dr. Mitsel Saranga, Dr. Daniel Sau’ Sumbung, Dr. Zadrak Tombeg, Dr. Simon Biring, Dr. Yulianitha Rapa dan beberapa lagi yang hadir seperti Bapak Purnama Pangalinan, Bapak Yunus Lolo, Bapak Luther Sule, Ibu Adriana Pakendek, dll.

Sharing ilmu dan pengalaman dari narasumber dan peserta sangat bermanfaat. Webinar berikutnya akan tetap mengambil tema yang relevan dan semoga kedepannya acara Webinar ini yang diinisiasi PDkT Toraja Utara semakin lebih baik lagi.(*/UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here