Launching Pilkada Serentak Di Tana Toraja, Anggota KPU RI ; “Jadikan Pilkada Tana Toraja Terbaik Di Indonesia “

558
0
Lonching Pilkada Tana Toraja tahun 2020, di Plaza Kolam Makale, Rabu (8/1/2020).

Updatekareba.Com, Toraja – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tana Toraja menggelar Launching Pilkada serentak tahun 2020 di Plaza Kolam Makale. Acara yang diisi dengan senam, jalan sehat dan pembagian door prize kepada masyarakat yang hadir dalam pelaksanaan Launching, Rabu (8/1/2020).

“Kita berharap penyelenggaraan Pilgub 2020 Tana Toraja bisa berlangsung jujur, adil, dan demokratis tidak ada kecurangan,” kata Komisioner KPU RI, Viryan Azis, yang hadir lamgsung dalam launching Pilkada serentak ini.

Viryan Azis menjelaskan, pihaknya berharap agar seluruh pemangku kepentingan menghindari politik uang dan lebih mengedepankan visi, misi, program.

“Kita juga berharap Pilkada Tana Toraj steril dari hoaks, fitnah, kampanye hitam. Itu akan sangat mencederai kualitas penyelenggaraan Pilkada ke depan,” ujarnya.

Dilanjutkannya, pihaknya meminta kepada penyelenggara agar tidak berpihak kepada salah satu pasangan calon, selain itu penyelenggara juga diminta memberikan perlakuan yang adil dan setara kepada peserta.

“Ini sudah jadi pengalaman kita berkali-kali di Pemilu atau Pilkada, kadang bekerja benar saja masih disalahkan. Apalagi kalau kita ada kerja miring-miring, itu sangat berbahaya sekali. Jadikan Pilkada Tana Toraja yang terbaik di Indonesia,” ucapnya.

Acara dihadiri Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae, komisioner KPU SulSel, unsur forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda), komisioner dari beberapa kabupaten/kota, pemangku kepentingan, perwakilan partai politik dan elemen masyarakat.

Bupati Nicodemus pun mengharapkan KPU mensosialisasikan secara luas pelaksanaan Pilkada dan pihaknya sudah menginstruksikan pemerintah kecamatan dan desa untuk membantu penyelenggaraan dan sosialosasi  kepada warga.

Kegiatan dimeriahkan atraksi beberapa tarian adat Tana Toraja dan KPU Tana Toraja juga mengundi kupon peserta jalan santai yang menyediakan hadiah Utama berupa Motor dan hadiah  menarik lainnya berupa sepeda, televisi, kulkas, kipas angin dan sejumlah hadiah hiburan lainnya.

Juga pengumuman dan penyerahan hadiah bagi pemenang lomba maskot dan jingle Pilkada. “Latongko” menjadi maskot pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tana Toraja 2020.

Peluncuran ditandai dibukanya selubung backdroft bertuliskan penyelenggaraan dan logo Pilkada Tana Toraja dan balon ke udara.

Sementara Ketua KPU Tana Toraja, Rizal Randa mengatakan, tujuan kegiatan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat arti pentingnya pilkada, sosialisasi tahapan, program dan jadwal pilkada serentak 2020.

“Melalui launching Pilkada diharapkan masyarakat memahami pentingnya pelaksanaan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah sehingga diharapkan masyarakat berpartisipasi mensukseskan Pilkada Tana Toraja 2020,” ujar Rizal Randa.

Rizal Randa menambahkan  kesiapan pihaknya menyelenggarakan dan mensukseskan Pilkada 2020 dengan potensi yang ada.

“Saya berharap adanya dukungan dan sinergitas dari Pemkab Tana Toraja,TNI dan Polri serta lembaga terkait dan elemen masyarakat lainnya untuk mensukseskan Pilkada 2020,” kata Rizal Randa.

Kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk sosialisasi  kepada masyarakat, bahwa KPU Tana Toraja sebagai penyelenggara siap untuk menyelenggarakan  pilkada 2020 sesuai dengan Tahapan dan aturan yang berlaku.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here