Lembang Kaduaja Di Tana Toraja Siap Menuju Kampung Tangguh Nusantara

131
0
Handover (Handover Humas Polres Tana Toraja)

Updatekareba.Com, Toraja – Persiapkan Kampung Tangguh Nusantara, Kapolsek Mengkendek Polres Tana Toraja Iptu Yohanis Mundu SH lakukan pertemuan dengan stakeholder kecamatan Gandangbatu Sillanan, Kabupaten Tana Toraja, Selasa (9/06/2020).

Keseriusan pembentukan kampung tangguh Nusantara ini ditanggapi baik dengan hadirnya Camat Gandasil, Agustinus Paundanan SH, Danramil mengkendek yang diwakili oleh Babinsa Serda Ismail , Kepala Lembang kaduaja Efendi Pamilangan S,Pd, dan Kepala Puskesmas Buntu Dr. Eunike Eliana.

Selain dari yang tersebut diatas, sejumlah tokoh masyarakat juga turut hadir di pertemuan yang berlangsung di kantor Lembang Kaduaja, berikut juga ada penyuluh pertaniannya beserta seluruh perangkat lembang kaduaja, bersama bhabinkamtibmas Bripka Herman.

Ucapan terimakasih pun dilayangkan oleh Kapolsek Mengkendek atas antusias dari warga Lembang Kaduaja hadiri pertemuan rencana pembentukan kampung tangguh Nusantara ini.

Di kutip dari Iptu Yohanis Mundu, Kriteria dari sebuah kampung tangguh Nusantara meliputi kedisiplinan warga dalam menerapkan protokoler kesehatan pencegahan covid, memiliki swadaya pengembangan varian komoditi ketahanan pangan, memiliki pelayanan kesehatan yang memadai dan tingkat Kamtibmas yang kondusif.

“Kampung Tangguh Nusantara ini merupakan kampung impian ditengah Pandemi Corona, dimana kedepannya warga akan disiplin menggunakan masker, memiliki sarana cuci tangan disetiap rumah, dan yang paling penting adalah memiliki sumber daya ketahanan pangan dalam menghadapi kemungkinan pandemi yang berkepanjangan,” Jelas Yohanis Mundu.

Sambungnya lagi, 2 faktor lain yang begitu mendukung dalam sebuah kampung tangguh Nusantara adalah faktor pelayanan kesehatan yang memadai dan kondisi Kamtibmas yang kondusif.

“Hari ini, kami sangat berbahagia atas kehadiran seluruh perangkat pendukung utama terbentuknya kampung tangguh mandiri, ada pak camat, pak danramil, pak kepala Lembang, tokoh masyarakat Lancang Bombing, SH., MH, dan tokoh adat, hadir juga kepala Puskesmas Buntu, kemudian ada penyuluh pertanian Hariadi SP, dan seluruh perangkat Lembang Kaduaja, ini tentunya menyatakan bahwa Lembang Kaduaja Siap Menuju Kampung Tangguh Nusantara,” Kata Yohanis Mundu optimis.

Informasi hasil pertemuan tersebut, Iptu Yohanis menyebutkan bahwa rencana pembentukan Lembang Kaduaja sebagai kampung tangguh Nusantara di sambut baik oleh warga bersama tokoh masyarakat kaduaja, bahkan tokoh tokoh adat pun mendukung rencana tersebut.

“Warga Lembang Kaduaja memiliki potensi pengolahan ketahanan pangan sebagai sarana kesiapan menghadapi pandemi yang berkepanjangan, kami berharap Lembang Kaduaja mampu menjelma menjadi Kampung Tangguh Nusantara,” Harap Yohanis Mundu.

Sementara itu, harapan yang sama juga di utarakan oleh Danramil Mengkendek Kapt. Czi Asrianto, pihaknya pun akan berupaya mendukung pembentukan Lembang Kaduaja sebagai Kampung Tangguh Nusantara.

Perlu diketahui, kampung tangguh Nusantara merupakan sebuah program yang pembentukan kampung yang mampu bertahan di tengah pandemi Corona yang berkepanjangan, selain dari kemampuan bertahan , juga didesain kampung tersebut memiliki daya produktif yang tinggi dalam menopang ekonomi mandiri dari warganya.

Berikut daya produktif ketahanan pangan yang di miliki oleh Lembang Kaduaja seperti yang di informasikan oleh Bripka Herman, Bhabinkamtibmas Polsek Mengkendek.
– perkebunan kopi yang sedang menuju masa panen
– Perkebunan Sawi
– Perkebunan Tomat
– Perkebunan Kol
– Perkebunan lainnya yang tidak sempat disebutkan satu persatu.

Kepala Lembang Kaduaja, Efendi Pamilangan, S.Pd, yang di konfirmasi perihal rencana pembentukan kampung tangguh nusantara, merespon dan mendukung rencana baik tersebut, di katakan olehnya bahwa masyarakat Lembang Kaduaja dari semua aspek siap menuju Kampung Tangguh Nusantara.

“Kami siap wujudkan Lembang Kaduaja menuju Kampung Tangguh Nusantara, kami yakin terobosan ini akan sangat bermanfaat bagi warga kami, warga Lembang Kaduaja,” Pungkas Efendi Pamilangan, Kepala Lembang Kaduaja Kecamatan Gandang Batu Sillanan, atau yang populer dengan sebutan kecamatan Gandasil.(*/UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here