Libur Natal, Anggota Komisi X DPR RI Ini Reses Di Toraja

271
0
Handover.

Updatekareba.Com, Toraja – Reses Perdana Anggota Komisi X DPR RI, Eva Stevany Rataba langsung menyerap aspirasi masyarakat. Titik pertama dalam Reses ini, Eva mengunjungi Dinas Pendidikan Toraja Utara, 23 Desember 2019 yang terletak di Bus, Kecamatan Kesu.

Dalam sesi Wawancara, PLT. Dinas Pendidikan Torut, Drs. P. Tangkedatu menuturkan, mengucapkan terima kasih atas kunjungan Ibu Dewan DPR RI, Eva Stevany Rataba ke Dinas Pendidikan Toraja Utara.

“Kunjungan ini kami sangat rasakan bahwa Ibu Dewan langsung turun ke lapangan untuk mendengar akar masalah pendidikan di Toraja Utara,” kata Kadis Pendidikan Toraja Utara.

“Untuk anak didik yang tidak mampu, Ibu Eva akan memperjuangkan beasiswa agar anak-anak didik yang tidak mampu dapat menikmati pendidikan yang layak. Untuk itu, kami akan bekerja sama dengan sekolah-sekolah untuk mendata anak yang tidak mampu dan layak mendapatkan beasiswa dan data tersebut akan kami serahkan kepada Ibu Dewan untuk diperjuangkan”,tambahnya.

Disesi wawancara pula, Eva Stevany Rataba mengungkapkan bahwa dinas pendidikan agar mengawasi sekolah didalam mengupdate data dapodik agar bantuan / program yang diperjuangkan nantinya agar tepat sasaran.

“Salah satu kunci program dan bantuan dapat diberikan oleh pemerintah pusat adalah data dapodik dari sekolah. Seperti bantuan beasiswa  kepada anak didik yang kurang mampu yang akan diperjuangkan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan mengacu pada data dapodik yang telah dikirim oleh aekolah-sekolah”, ungkap Eva.

Salah satu program pendidikan yang akan Eva perjuangkan adalah Program Indonesia Pintar (PIP) untuk tingkat SD, SMP, SMA, dan SMK. Untuk Program PPA merupakan beasiswa untuk Mahasiswa / Perguruan Tinggi.

“Program PIP ini bertujuan untuk meningkatkan akses bagi anak usia 6-21 tahun untuk mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat di satuan pendidikan menengah, sekaligus untuk membantu meringankan biaya personal pendidikan dan mencegah putus sekolah, oleh sebab itu program ini akan saya perjuangkan untuk anak didik di dapil saya nantinya”, tambahnya

“Selain permasalahan Beasiswa kepada anak didik tidak mampu, permasalahan seperti tunjangan operator dapodik, Data sarpras dan perlengkapan sarana IT untuk sekolah akan saya perjuangkan pula”,kuncinya.

Selain mengunjungi Dinas Pendidikan, Eva Stevany Rataba mengunjungi Dinas Perpustakaan, DMO, dan Usaha-usaha kreatif.

Di hari berikutnya, 24 Desember 2019, setelah mendengar langsung akar permasalahan dari PLT Kadis Pendidikan, Eva Stevany Rataba langsung meninjau beberapa sekolah yang ada di Kecamatan Buntu Pepasan.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here