Lulus Skrinning, Wabup Rinto Pertama Di Vaksin Covid-19 Di Toraja Utara

529
0
Wabup Toraja Utara Yosia Rinto Kadang, saat menerima vaksin Covid-19, Senin (1/2/2021).

Updatekareba.Com, Toraja – Mengenakan rompi hitam Dinas Kesehatan, Wakil Bupati Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang disuntik vaksin virus corona, Senin (1/2/2021).

Ia mendampingi Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan pada pencanangan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di lapangan Bakti Rantepao. Dengan tema “Mewujudkan Masyarakat Toraja Utara yang Sehat dan Produktif Dengan Vaksinasi Covid-19”.

Penyuntikan perdana yang dilakukan oleh Pemkab Toraja Utara dengan vaksin Covid-19 CoronaVac buatan perusahaan asal China, Sinovac ini menandai program vaksinasi di Toraja Utara.

Vaksin Sinovac telah lulus uji verifikasi dari BPOM dan sertifikat halal dari MUI, serta mendapat surat ijin Emergency Use of Authorization (EUA).

Pelaksanaan ini pun serentak dilakukan dibeberapa daerah setelah dimulai oleh Presiden RI, Joko Widodo pada Rabu (13/1/2021) kemarin.

Sebelum penyuntikan, dilakukan skrining mengenai kondisi kesehatannya secara umum. Karena sesuatu alasan, Bupati Kalatiku Paembonan tidak bisa melakukan vaksin pada kali ini.

Wabup Rinto pun menjadi yang pertama di Toraja Utara menerima vaksin Sinovac. Sebelum disuntikkan, tim dokter menunjukkan kotak vaksin bertulis Sinovac, dan mengeluarkan botol kecil yang masih tersegel.

Tampak Yosia Rinto Kadang menerima suntikan vaksin Sinovac dengan tenang.

Saat ditanyai wartawan usai divaksinasi, “Puji Tuhan,” ujarnya sembari bercanda tersenyum.

Wabup Rinto divaksin bersama Dandim 1414 Tana Toraja Letkol CZI Zainal Arifin, Kadis Sosial Toraja Utara Mira Bangalino, dan beberapa pejabat teras Pemkab Toraja Utara.

Diketahui, Toraja Utara menerima 3.400 vaksin Covid-19, yang diprioritaskan lebih dulu untuk tenaga kesehatan.(*/UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here