Mari Jaga Kesehatan Mental Ditengan Wabah Covid-19

231
0
Handover.

Updatekareba.Com, Makassar – Hampir sebulan isolasi mandiri berlangsung nih Sobat Cegah, bagaimana konsidi kesehatan mentalmu akibat adanya pandemi virus COVID 19 ini?

Berikut ini tips dari BNNP Sulawesi Selatan untuk menjaga kesehatan mental di tengah situasi pandemi.

1. Batasi dan selektif dalam mengkonsumsi informasi
Berbagai informasi seputar virus COVID19 beredar di media sosial.

Meski demikian, informasi tersebut perlu dipilah-pilah dan lebih hati-hati karena bukan tidak mungkin berita tersebut adalah hoax. Apalagi, banyak membaca tentang pandemi virus corona bisa menimbulkan serangan kecemasan loh Sobat Cegah.

2. Gunakan teknologi untuk jalin silaturahmi.

Disaat makin banyak orang harus mengisolasi diri di rumah, penting buat kamu untuk memastikan diri tetap dapat terhubung dengan orang-orang terkasih.

kamu bisa gunakan media sosial seperti Whatsapp, Instagram, Line, Telegram, Facebook, Twitter dsb sebagai alternatif agar tetap dapat menjalin komunikasi, media tersebut juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi antar rekan kerja, seperti bagi orang-orang yang melakukan sistem Work from Home (WFH).

3. Tetap aktif dan produktif di rumah.

Sebisa mungkin lakukan kegiatan yang membuat tubuh dan pikiran nyaman saat berada di rumah, ini penting loh sob terutama bagi kamu yang sedang melakukan isolasi mandiri.

Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan seperti menonton film, membaca buku, mendengarkan musik, dan mengakses konten positif di media sosial.

4. Tidak panik dan tetap waspada
Hadapi pandemi virus COVID19 tanpa terpancing kepanikan maupun ketakutan, niscaya hal ini dapat membantu menjaga kesehatan mental dan fisikmu di tengah krisis kesehatan global ini. Pengaruhnya pun tak hanya baik untuk kamu pribadi, tapi juga orang-orang di sekitarmu.

Gimana sob? Semoga dengan menjalankan tips-tips di atas kamu bisa tetap menjaga kesehatan mentalmu dan semoga pandemi virus COVID19 ini bisa segera berakhir ya sobat cegah. Amin.(*/UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here