Membumikan Empat Pilar MPR RI Melalui Kampus di Toraja

488
0
Sosialisasi 4 pilar kebangsaan oleh anggota MPR RI Fraksi Nasdem, Eva Stevany Rataba, di kampus II UKI Toraja, Jumat (29/11/2019).

Updatekareba.Com, Toraja – Pilar adalah tiang penyangga suatu bangunan. Pilar memiliki peran yang sangat sentral dan menentukan, karena bila pilar ini tidak kokoh atau rapuh akan berakibat robohnya bangunan yang disangganya.

Demikian pula halnya dengan bangunan negara-bangsa, membutuhkan pilar atau yang merupakan tiang penyangga yang kokoh agar rakyat yang mendiami akan merasa nyaman, aman, tenteram dan sejahtera, terhindar dari segala macam gangguan dan bencana.

Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia memiliki metode yang khas dalam merawat persatuan dan kesatuan tanah air, yaitu melalui Sosialisasi Empat Pilar MPR RI, antara Pancasila, Undang Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan RI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Bertempat di Aula Kampus II Universitas Kristen Indonesia (UKI) Toraja, Anggota MPR RI dari Fraksi Nasdem, Eva Stevany Rataba, menyosialisasikan Empat Pilar MPR RI kepada 150 Mahasiswa, Jumat (29/11/2019).

” Mahasiswa merupakan motor penggerak perubahan suatu bangsa dan Negara, di mana merekalah yang masih memiliki kebersihan ideologis dan pergerakan yang dinamis dalam pemikiran perbaikan kehidupan, memiliki peran strategis dalam menyebarluaskan pemahaman Empat Pilar MPR.,” kata Eva Stevany Rataba, dalam sosialisasi Empat Pilar ini.

Istri Wakil Bupati Toraja Utara ini mengingatkan Mahasiswa  memiliki 4 Peran dan Fungsi Sebagai Pilar Perubahan Bangsa, antara lain : Kaum intelektual danpelapis dalam berbagai pos sumber daya manusia yang berkualitas dan mumpuni di berbagai bidang kehidupan.

Iron Stock atau cadangan sumber daya hidup sebuah negara di masa yang akan dating, Agent of Change, dan Social Control.

Pada saat generasi yang memimipin bangsa ini sudah mulai berguguran pada saat itulah mahasiswalah yang akan melanjutkan tongkat estafet perjuangan bangsa ini.

Anggota MPR RI Fraksi Nasdem, Eva Stevany Rataba.

Mahasiswa sangat tak terbendung fungsinya dan sangat banyak perannya bagi bangsa, namun alangkah bijaknya ketika seluruh kecerdasan yang dimiliki mahasiswa diterapkan serta diamalkannya sesuai dengan kearifan lokal bangsa kita dengan menumbuhkan semangat gotong royong, persaudaraan, atas dasar kekeluargaan dan tak menyimpang dari aturan agama serta norma yang berlaku.

“Peran mahasiswa bagi bangsa dan negeri ini bukan hanya duduk di depan meja dan dengarkan dosen berbicara, akan tetapi mahasiswa juga mempunyai berbagai perannya dalam melaksanakan perubahan untuk bangsa Indonesia, peran tersebut adalah sebagai generasi penerus yang melanjutkan dan menyampaikan nilai-nilai kebaikan,” kata Legislator Perempuan Nasdem ini.

Beliau juga menambahkan , mahasiswa juga  Sebagai generasi pembaharu yang memperbaiki dan memperbaharui kerusakan dan penyimpangan negatif yang ada pada kaum sebelumnya.

Peran ini seharusnya senantiasa harus terus terjaga dan terpartri didalam dada mahasiswa Indonesia baik yang ada didalam negeri maupun mahasiswa yang sedang belajar diluar negeri. Apabila peran ini bisa dijadikan sebagai sebuah pegangan bagi seluruh mahasiswa Indonesia, “roh perubahan” itu tetap akan bisa terus bersemayam dalam diri seluruh mahasiswa Indonesia.

Dalam sosialisasi ini juga membawakan materi Kepala Kesbangpol Toraja DT. Rantetasak, Dekan Fakultas Teknik UKI Toraja Yafet Bontong, serta dihadiri langsung Wakil Bupati Toraja Utara Yosia Rinto Kadang.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here