Menhub RI Kunker Ke Toraja, Pantau Proyek Bandara Buntu Kuni

688
0
Menhub RI Budi Karya saat tiba di Bandara Pongtiku Tana Toraja, Jumat (28/2/2020).

Updatekareba.Com, Toraja – Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi tiba di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Jumat (28/2/2020).

Rombongan Menhub mendarat di Bandara Pongtiku mengunakan pesawat Skin Air, pukul 12:00 Wita.

Menhub kunjungan kerja ke Toraja didampingi langsung Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah, Ketua Komisi D DPRD SulSel Jhon Rende Mangontan, dan beberapa pejabat Kemenhub RI.

Menhub dua periode ini akan melakukan kunker ke Kabupaten Tana Toraja untuk meninjau fasilitas Bandara Pongtiku dan progres pengerjaan Bandara Buntu Kuni.

Kunjungan Menhub, Budi Karya Sumadi ini merupakan kunjungan yang kedua ke BBK. Di mana sebelumnya Budi Karya pernah berkunjung ke BBK yang berada di Kecamatan Mengkendek, Tana Toraja pada tanggal 12 September 2018 lalu.

Kepala UPT Bandara Pongtiku Rantetayo, Jafriadi Mappeare mengatakan, rencana Menteri Perhubungan akan meninjau langsung proses pembangunan Bandara Buntu Kunik.

“Menhub beserta rombongan akan sekaligus makan siang, dan Salat Jumat di dekat Bandara Pongtiku, kemudian melanjutkan peninjauan ke BBK,” kata Jafriadi Mappeare.

Dikatakan Jafriadi, kedatangan Menteri Perhubungan bertujuan melihat langsung progres pekerjaan dan hal-hal lain yang dibutuhkan agar bandara tersebut segera difungsikan untuk mendukung roda ekonomi dan pariwisata Toraja.

Terkait proses pembangunan di BBK dijelaskan juga Jafriadi untuk bandara penganggaran 2020 masih mengerjakan bukit offstekel di daerah 0,4, bukit offstakel akan dipotong sekitar 3% agar tidak menghalangi pendaratan dan take of pesawat.

Kemudian perpanjangan Runway yang rencananya akan di tambahkan 2000 meter kali 30.

“Keseluruhan proses pekerjaan diperkirakan sudah 90% dan diperkirakan akhir tahun 2020 selesai,” sebut Jafriadi.

Sementara akses jalan masuk bandara dari jalan poros Makassar-Toraja ke bandara via Ge’tengan, yang dikerjakan oleh Pemerintah Provinsi Sulsel, dan Pemkab Tana Toraja, juga sudah hampir selesai.(*/UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here