Menuju Desa ‘BERSINAR’, BNNK Tana Toraja Bentuk Unit Intervensi Berbasis Masyarakat Di Lembang Kaduaja

233
0
Handover (Humas BNNK Tana Toraja).

Updatekareba.Com, Toraja – Menindaklanjuti Program Desa Bersinar di Lembang Kaduaja, Kecamatan Gandangbatu Sillanan, Kabupatan Tana Toraja, Seksi Rehabilitasi BNNK Tana Toraja melaksanakan Rapat Pembentukan Unit Intervensi Berbasis Masyarakat, Rabu (1/4/2021).

Dalam rilis Humas BNNK Tana Toraja, menjelaskan megiatan ini bertujuan untuk mendekatkan layanan rehabilitas pecandu dan korban penyalahgunaan narkotika, serta menjangkau lebih banyak pecandu narkotika untuk mendapatkan rehabilitasi

Pesertanya 15 orang dari petugas BNNK, Kepala Lembang Kaduaja, aparat desa, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan tokoh agama di Lembang Kaduaja.

Untuk diketahui Lembang Kaduaja merupakan salah satu Desa/Lembang yang dipersiapkan BNNK Tana Toraja menjadi Desa Bersih Narkoba (Bersinar).

Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM) dibentuk sebagai solusi atas kendala sulitnya akses rehabilitasi bagi korban penyalahgunaan narkotika, terutama di Masyarakat dengan kurangnya akses informasi.

Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM) merupakan suatu program yang berupaya menyelesaikan permasalahan penyalahgunaan narkoba dengan meningkatkan peran serta masyarakat dalam melakukan intervensi kepada masyarakat yang telah menggunakan narkoba.

Dimana intervensi ini berasal dari masyarakat dan untuk masyarakat sehingga keterbatasan akses terhadap rehabilitasi karena faktor geografis, stigma maupun biaya dapat di minimalisir.

Kepala BNNK Tana Toraja AKBP Natalia Dewi Tonglo melalui rilis Humas BNNK Tana Toraja mengatakan Program IBM diharapkan efektif terhadap Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di lingkungan masyarakat. Jika semua elemen mampu bekerja sama dengan baik dan mampu menjalankan program atau kewajibannya, peredaran dan penyalahgunaan narkoba secara optimis akan berkurang.

“Mari kita menjaga diri kita masing-masing, kenali lingkungan sekitar kita, jika menemukan seseorang yang mencurigakan terkait peredaran dan penyalahgunaan narkoba, segera melaporkan ke BNN,” kata AKBP Dewi Tonglo dalam rilis Humas BNNK Tana Toraja.(*/UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here