Menuju Manado Menjadi Kota Peraih Adipura

216
0
Handover

Updatekareba.Com, Manado – Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah Limbah dan B3 (PSLB3) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengadakan sosialisasi mengurangi sampah plastik dengan tema Let’s Have Fun and Beat Plastic Pollution.

Kegiatan yang dipusatkan di kawasan megamas Manado di mulai sejak pukul 08.00 wita. Sejak pagi para peserta mulai memadati lokasi acara di pesisir pantai Megamas. Panitia memberikan starter kit berupa botol tumbler, plastik dan sarung tangan untuk aksi bersih-bersih sampah di sekitar lokasi.

Bintang tamu Bass Gilano memeriahkan pembukaan acara ini, yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan Ibu Vivien dari Dirjen PSLB3. Beliau menghimbau peserta untuk mengurangi sampah plastik dengan langkah praktis berupa tidak memakai sedotan plastik, membawa tas ketika berbelanja dan membawa tumbler daripada membeli minum dgn kemasan plastik.

Dalam sambutannya Ibu Rosavivien Ratnawati menyampaikan bahwa sampah plastik membutuhkan waktu hingga ratusan tahun untuk terurai. Hampir setiap orang per hari menghasilkan 0,7 kg sampah, jika penduduk Manado kurang lebih 500.000 jiwa berarti sampah yg dihasilkan oleh masyarakat manado sekitar 350.000 kg sampah. Bisa dibayangkan berapa sampah plastik yang dapat dikurangi apabila setiap orang berinisiatif melakukan langkah praktis “diet” sampah plastik.

Kita harap kepada generasi mellenial khususnya peserta mahasiswa untuk lebih aktif dalam aksi pengurangan dan pengelolaan sampah plastik, tutur Vivien.

Di lain pihak Bapak Bara Hasibuan selaku Anggota Komisi VII DPR RI, yang turut hadir dalam acara Sosialisasi, mendukung dan menghimbau pengurangan sampah plastik dalam rangka melestarikan lingkungan. Sampah plastik masih menjadi permasalahan serius, perlu kesadaran penuh dari diri sendiri untuk mengurangi sampah dan memperbaiki kualitas lingkungan hidup. Tidak menggunakan plastik adalah sesuatu yang cool dan keren.

Studi kasus dalam pengurangan sampah plastik dilakukan melalui manajemen Bank Sampah. Dalam kesempatan Sosialisasi hadir pengelola Bank Sampah Watutumou II.

Jamie Makasalah yang menjabat sebagai Direktur Bank Sampah Watutumou II Kabupaten Minahasa Utara menyampaikan bahwa sampah plastik merupakan berkah. Bagi kami sampah tersebut dikelola untuk dijadikan hasil karya yang indah dan menarik seperti kursi dari botol plastik dan hiasan bunga.

Setelah acara sosialisasi kemudian dilanjutkan dengan aksi pungut sampah di sekitar lokasi acara. Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan pemikiran masyarakat tentang sampah plastik dapat diubah, sehingga sampah di kota Manado khususnya sampah plastik dapat dikurangi dan dikelola untuk Manado menuju Kota Adipura.(*)

(*) : Stella Mustika Ayu Puteri, S.Pi, Calon Penyuluh Kehutanan pada Balai Taman Nasional Bunaken

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here