MIRIS KONDISI PENDIDIKAN DI TORAJA UTARA

307
0
Kondisi kelas jauh SDN 1 Awan Rante Karua di Kabupaten Toraja Utara.

Updatekareba.Com, Toraja – Memprihatinkan, puluhan siswa harus belajar di ruangan kelas berlantai tanah dengan berdinding papan kusam yang sudah tidak layak.

Bangunan sekolah ini dibagun hasil swadaya masyarakat di Lembang Buntu Karua, Kecamatan Awan Rante Karua, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan.

Sekolah ini merupakan kelas jauh dari SDN 1 Awan Rante Karua yang jauh dari kata layak.

Betapa tidak, kelas jauhtersebut yang memiliki jumlah siswa kurang lebih 35 siswa ini terdiri dari kelas satu, dua, dan tiga trrsebut melakukan aktivitas belajar mengajar di ruangan kelas yang berlantai tanah dan berdinding tanah ini.

Tidak hanya itu saja, kelas jauh tersebut yang dibangun oleh masyarakat memiliki fasilitas yang sangat minim, kursi dan meja siswa yang seadanya untuk digunakan belajar oleh siswa.

Dikelas jauh ini miliki sebanyak kurang lebih lima orang guru yang terdiri dari guru honorer.

“Susah sejak kurang lebih tujuh tahun mengajar dikelas jauh tersebut semenjak waktu masih di gereja,” kata Salah satu guru honorer di kelas jauh ini, Marten Kondo, Senin (26/8/2019) kemarin.

Mirisnya kondisi ini, siswa dan guru berharap kelak sekolah mereka diperhatikan dan diperbaiki.

Kondisi kelas jauh SDN 1 Awan Rante Karua di Kabupaten Toraja Utara.

Sementara Kepala Sekolah SDN 1 Awan Rante Kalua, Piter Masa Paranggai, mengungkapkan kelas jauh Palilli’ ini dibuat atas dasar insiatif masyarakat agar kelas ini juga dapat diperhatikan dan lebih layak lagi serta diperbaiki.

Meski bangunan sekolah dengan tiga ruangan kelas tersebut jauh dari kata layak, namun tidak menyurutkan semangat para siswa untuk terus belajar, meski mereka harus belajar dilantai tanah yang berdebu.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here