Mulai Hari Ini Operasi Patuh Digelar, Ini Persiapan Dua Polres Di Toraja

279
0
Handover (Humas Polres Toraja Utara).

Updatekareba.Com, Toraja – Jelang digelarnya Operasi Patuh 2020, Jajaran Polres Toraja Utara mengadakan Lat Pra Ops (Latihan Pra Operasi) pada Selasa siang (21/07/2020) di Aula Mapolres Toraja Utara.

Kegiatan Lat Pra Ops ini dibuka oleh Waka Polres Toraja Utara Kompol Urbanus Mangambe, S.sos, M.si mewakili Kapolres Toraja Utara AKBP Yudha Wirajati, S.IK.,M.H, didampingi Kabag Ops Kompol Marthen Tangallo, dan Kasat Lantas AKP Semuel To’longan.

Kegiatan Lat Pra Ops ini digelar guna untuk menyamakan persepsi bagi seluruh personel yang terlibat, agar kegiatan operasi dapat berjalan dengan lancar dan mencapai target yang diinginkan.

Kegiatan diawali Pembukaan Lat Pra Ops oleh Waka Polres Toraja Utara Kompol Urbanus Mangambe, S.sos, pada kesempatan ini beliau menyampaikan bahwa Operasi Patuh 2020 akan digelar secara serentak selama 14 hari mulai tanggal 23 Juli hingga 6 Agustus 2020.

“Ini berbeda dengan Operasi Patuh sebelumnya, karena kali ini selain penertiban di bidang lalu lintas, juga melakukan pendisiplinan penerapan protokol kesehatan pencegahan covid-19,” tambah Kompol Urbanus Mangambe saat Latihan pra operasi di Aula Polres Toraja Utara.

Dalam giat Lat Pra Ops Kasat Lantas AKP Semuel To’longan memberikan arahan tentang teknis operasi, meliputi kesiapan personel, sasaran, cara bertindak serta hal-hal lain yang terkait dengan kegiatan operasi.

Sementara itu, pada tempat yang berbeda Kapolres Toraja Utara AKBP Yudha Wirajati, S.IK.,M.H, menjelaskan bahwa pelaksanaan Operasi Patuh agar mempedomani petunjuk dan arahan dalam Lat Pra Ops, lakukan kordinasi antar Satuan Fungsi agar Target Operasi dapat tercapai secara maksimal.

Adapun pelaksanaan Operasi Patuh 2020 ini bertujuan mewujudkan Kamseltibcar Lantas guna menekan jumlah Lakalantas maupun korban lakalantas, ada 7 sasaran prioritas dalam Operasi Patuh 2020 ini yang meliputi pelanggaran kasat mata.

“Seperti melawan arus, tidak menggunakan helm atau safety belt, berboncengan sepeda motor lebih dari 2 orang, menggunakan Hp saat mengemudi dan beberapa pelanggaran lainnya,” terang Akbp Yudha.

Sementara Polres Tana Toraja menggelar Latihan Pra Operasi kepada personelnya yang dilaksanakan di Aula Bhayangkara Polres Tana Toraja, Rabu (22/07/2020).

Kegitan Latpra Ops Patuh 2020 dipimpin oleh Wakapolres Tana Toraja Kompol Jacob Lobo, S.H., M.H., didampingi Kabag Ops Polres Tana Toraja Kompol Pither Marimbun, dan dihadiri oleh Para Kasat dan seluruh personil yang terlibat Ops Patuh 2020.

Wakapolres Tana Toraja, Kompol Jacob Lobo, S.H., M.H. mengungkapkan, tujuan Operasi Patuh ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang lalu lintas angkutan jalan serta terwujudnya masyarakat tertib dan patuh terhadap hukum dalam berlalulintas.

Selain itu, nantinya pihak Kepolisian akan lebih banyak memberikan penyuluhan kepada masyarakat terkait pencegahan Covid-19.

“Operasi Patuh 2020 akan digelar selama 14 hari terhitung mulai tanggal 23 Juli sampai dengan 5 Agustus 2020,” ucap Wakapolres.

Sementara itu Kasat Lantas Polres Tana Toraja Iptu M. Nawir, S. Sos., pada kesempatan berikutnya memberikan arahan tentang teknis operasi, meliputi kesiapan personel, sasaran, cara bertindak serta hal-hal lain yang terkait dengan kegiatan operasi.

“Untuk mendisiplinkan masyarakat, penindakan lewat tilang tetap ada tetapi ini berbeda dengan Operasi Patuh sebelumnya, karena kali ini selain penertiban di bidang lalu lintas, kami juga akan mendisiplinkan protokol kesehatan,” tambahnya.(*/UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here