Mulai Hari Ini Semua Acara Adat Di Toraja Utara Di Tunda

6501
0
Handover (Kejari Tana Toraja).

Updatekareba.Com, Toraja – Pemkab Toraja Utara melalui forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) mengeluarkan maklumat menindaklanjuti situasi pandemi Covid-19 di Kabupaten Toraja Utara.

Kepala Kejaksaan Negeri Tana Toraja, Jefri Penanging Makapedua, saat ditemui usai rapat bersama Forkopimda menjelaskan semua unsur Forkopimda Kabupaten Toraja Utara mencermati perkembangan masyarakat yang terdampak covid 19 cenderung meningkat di Toraja Utara dan indikasi masyarakat asal Toraja di luar Toraja Utara yg cenderung pulang kampung untuk merayakan Natal dan Tahun Baru.

“Oleh karena itu unsur Forkopimda Toraja Utara perlu mengeluarkan maklumat demi mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) di Kabupaten Toraja Utara,” kata Jefri Penanging Makapedua.

Rapat yang dipimpin langsung Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan dan juga dihadiri Kapolres Toraja Utara, AKBP Yudha Wurajati, bersama Kejari Tana Toraja, telah mengeluarkan beberapa point maklumat yang berlaku dari tanggal 24 Desember 2020 sampai tanggal 4 Januari 2021.

Yang pertama yakni penundaan sementara acara rambu tuka’ dan rambu solo’ diseluruh wilayah Kabupaten Toraja Utara.

Kedua seluruh pemekaman baik pasien Covid-19 maupun non Covid-19 dilaksanakan secara protokol kesehatan dan ibadah penghiburan hanya dilakukan satu kali.

Selnajutnya bagi semua pelaku usaha dan semua kegiatan ekonomi untuk dihentikan pada pkl 18.00 , kecuali pelayanan kesehatan, apotik, toko obat.

Pelaku perjalanan dari luar daerah membawa bukti surat negatif covid19, berupa hasil pcr swab, hasil rapid antigen atau rapid antibody.

Otoritas Pemerintah Kabupaten Toraja Utara menghimbau dan mengajak seluruh masyarakat Toraja Utara agar tetap waspada dengan disiplin menerapkan Protokol Kesehatan pencegahan penularan Covid-19 3M: Memakai Masker, Mencuci Tangan Pakai Sabun, dan Menjaga Jarak serta Menghindari Kerumunan , sedapat mungkin di rumah saja.(*/UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here