Nikmati Akhir Tahun Anda Di Toraja, Ada Event “Kemilau Toraja 2019”

3362
0
Handover.

Updatekareba.Com, Toraja – Dinas Pariwisata Kabupaten Tana Toraja menggelar Kemilau Toraja 2019.

Even pengganti Lovely Desember tersebut akan berlangsung pada 1 sampai 31 Desember 2019 di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Plt Kadis Pariwisata Tana Toraja, Rospita Napa’ mengatakan, kegiatan tersebut sebagai ajang promosi yang dilakukan oleh pemerintah Tana Toraja ke luar negeri maupun dalam negeri. Oleh karena itu, pihaknya memfasilitasi segala kebutuhan yang berkaitan dengan potensi dan hasil kerajinan yang dipamerkan.

“Kita ubah branding Lovely Desember untuk mencapai even nasional. Dengan kata kemilau, maka kita akan menghadirkan even yang lebih berkilau mulai dari Sulawesi sampai ke seluruh Indonesia,” katanya.

Sementara, Bupati Tana Toraja, Niko Biringkanae berharap, even tersebut menjadi peluang usaha dan investasi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat Tana Toraja.

Selain itu, even tersebut diharapkan mampu menjadi sumbu energi pariwisata daratan berbasis budaya. Sehingga bisa dikenal secara nasional maupun internasional.

“Kami ingin menampilkan berbagai kekayaan di Tana Toraja, kehidupan masyarakat, alam yang indah serta manusianya yang ramah,” ujarnya.

Salah satu bagian “Kemilau Toraja 2019” yakni Kejurnas Taekondo 2019. Event ini adalah event kedua setelah panitia sebelumnya sukses menggelar event dengan skala Indonesia Timur di tahun sebelumnya pada 2018 yang lalu dengan target 1500-2000 pengunjung.

Dengan tetap mengusung tema Kejuaraan “Berprestasi sambil Mengenal Budaya Toraja” serta mengangkat dan memperkenalkan tradisi To Sisemba yang adalah murni warisan leluhur, Kejuaraan ini siap memeriahkan gelaran event Kemilau Toraja di bulan Desember nantinya.

Tidak butuh waktu lebih dari 1 tahun Panitia menaikkan skala level  Kejuaraan, ini berkat solid dan kompaknya Panitia Pelaksana.

Dengan adanya kegiatan seperti ini dapat mendongkrak pemasukan perekonomian di sektor parawisata dan penunjang lainnya.

Harapan panitia kiranya event seperti ini dapat membantu mempromosikan Pariwisata dan mendongkrak PAD Pemda karena tahun ini jumlah peserta akan 3 sampai 4 kali lebih banyak dari event sebelumnya, sudah ada total 18 Lokasi penginapan yang terbooking full diantaranya Wisma/Villa, Homestay dan Tongkonan untuk dijadikan akomodasi selama kegiatan berlangsung, selain itu ada rumah warga yang kami persiapkan untuk alternatif karena pendaftar sudah memasuki 800-an, belum tercatat official, dan orang tua/pendamping atlet.

Selain itu hadirnya kegiatan ini di tengah tengah masyarakat dapat menekan angka kriminalitas anak dengan adanya wadah pengembangan minat dan bakat

Dengan adanya agenda Kemilau Toraja 2019, Putra Putri Sangtorayan yang terlibat di kepanitiaan siap mengambil bagian di dalamnya.

Panitia di hari terakhir memberikan kesempatan kepada para kontingen menikmati wisata di Tana Toraja dan Toraja Utara dengan rundown acara yang telah ditentukan.

“Terima kasih kepada Pemeritah Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara, TNI-Polri BNN Kabupaten Tana Toraja, Jurnalis/Media Partner serta dukungan Sponsor yang telah membantu dalam kesiapan awal panitia,” kata Ketua Panitia Kejurnas Taekwondo seri ke tiga, dr. Rudi Andilolo.

Kejuaraan Nasional ini akan dilaksanakan pada 17-21 Desember 2019 di Gedung Wil 3 dan Gedung Tammuan Mali Makale dengan menggabungkan konsep Bertanding dan Entertaint.

Surat Izin Prinsip dari Pengurus Besar Taekwondo Indonesia yang langsung ditanda tangani oleh Ketua Umum Letnan Jenderal TNI (Purn) H.M. THAMRIN MARZUKI., S.Sos. dan telah dikantongi oleh panitia pelaksana Event Passemba Toraya Maelo Menpora R.I. Cup 2019.

Selain Kejurnas Taekwondo, ada juga kegiatan trail wisata, sepeda wisata, dan banyak lagi kegiatan yang bernuansa adat Toraja akan ditampillan pada event akhir tahun ini.

Berikut jadwalnya.(*)

Handover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here