Novianus L Patanduk Dipecat PDIP, Ini Penggantinya Di DPRD SulSel

401
0

Updatekareba.Com, Toraja – DPRD Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar rapat paripurna pelantikan 2 anggota dari Fraksi PDI Perjuangan dan Fraksi Gerindra. Komposisi kursi DPRD Sulsel kini telah lengkap berjumlah 85 orang.

Pelantikan digelar di Ruang Rapat Paripurna DPRD Sulsel, Jalan Urip Sumoharjo, Makassar, Jumat (31/1/2020).

Rapat dipimpin Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika dan dihadiri Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah.

Dua Anggota DPRD yang dilantik ialah Risfayanti Muin dari PDIP dan Adam Muhammad dari Gerindra. Keduanya berasal dari Dapil II Sulsel.

Risfayanti dan Adam diambil sumpahnya langsung oleh Ketua Pengadilan Tinggi Makassar Syahrial Sidik. Pelantikan keduanya berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 161.73_43 Tahun 2020 tentang Peresmian Pengangkatan Anggota DPRD Sulsel masa jabatan 2019-2024.

“Dengan dilantiknya 2 anggota maka kini keanggotaan DPRD Sulsel telah utuh berjumlah 85 orang. Khusus Ibu Risfayanti Muin telah menambah jumlah anggota kaukus Parlemen Provinsi Sulawesi Selatan menjadi 24 orang dan telah memenuhi kuota minimal 30 persen perempuan,” kata Andi Ina saat memimpin rapat paripurna.

Oleh Fraksi Gerindra, Adam ditugaskan di Komisi C dan Badan Musyawarah DPRD Sulsel. Sementara bergabungnya Risfayanti ke DPRD turut mengubah komposisi Fraksi PDIP. Risfayanti kini menjabat sekretaris Fraksi PDIP dan ditugaskan di Komisi E dan Badan Musyawarah DPRD Sulsel.

Pelantikan Adam dan Risfayanti ini merupakan buntut dari pemecatan Misriani dari Gerindra dan Novianus L Patanduk dari PDIP. Diketahui Misriani merupakan caleg Gerindra yang terpilih dari Dapil II Sulsel, sedangkan Novianus caleg PDIP yang terpilih dari Dapil II Sulsel pada Pileg 2019 lalu. Namun keduanya dipecat oleh partainya sehari jelang pelantikan dewan saat itu.

Kini kursi Misriani di F-Gerindra Sulsel diduduki Adam sedangkan kursi Novianus di F-PDIP diduduki Risfayanti.

Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah menyaksikan pelantikan dua anggota DPRD Sulsel dari Daerah Pemilihan (Dapil) II, masing-masing Risfayanti Muin dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Adam Muhammad dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Dalam sambutannya, Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah menjelaskan, bagaimana seorang pemimpin yang dipilih oleh masyarakat harus menjaga sebuah amanah yang telah diberikan kepadanya.

Terutama, kepada anggota DPRD Sulsel yang baru saja dilantik dan diambil sumpahnya sebagai anggota DPRD Sulsel.

“Kita harus memahami kalau kita mendapatkan amanah dengan baik, makanya kita harus menjaga dengan baik pemberi amanah itu,” kata Nurdin Abdullah.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Sulsel mengajak seluruh anggota DPRD Sulsel agar bekerjasama dengan baik dalam mensukseskan program-program strategis Pemprov Sulsel tahun 2020.

“Mari kita rawat bersama dan mendukung program yang menjadi program prioritas kita,” lanjutnya.

Hadir pada acara pelantikan dua politisi tersebut, Ketua DPD PDIP Sulsel yang juga anggota DPR RI, Ridwan Andi Wittiri, Anggota DPR RI Fraksi PDIP, Sarce Bandaso, anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra, Azikin Solthan.

Hadir juga pejabat lingkup Pemprov Sulsel, Sekda Pemprov Sulsel, Abdul Hayat Gani, Pjs Wali Kota Makassar, Muh. Iqbal Suhaeb dan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemprov Sulsel dan lingkup Pemkot Makassar.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here