Novianus Patanduk Di Pecat PDIP, Beredar Isu Masyarakat Toraja Demo Di Makassar

374
0
Novianus Patanduk.

Updatekareba.Com, Toraja – Bidang Kehormatan Dewan Pimpinan Daerah PDIP Sulawesi Selatan memastikan bahwa Novianus YL Patanduk dipecat jelang pelantikan anggota DPRD Sulsel terpilih.

Hal ini disampaikan Ketua Bidang Kehormatan DPD DDIP Sulsel Andi Anshari Mangkona yang menyampaikan, pemecatan Novianus YL Patanduk sebagai kader PDIP bukan tanpa alasan, secara dadakan, dan tanpa bukti-bukti kuat.

“Semua melalui proses panjang, melalui mekanisme partai, melalui proses di dewan kehormatan,” kata Anshari, Senin (16/9/2019).

Novianus yang juga alumni SMAN 1 Toraja Utara dan UKI Paulus Makassar ini dipecat salah satu alasannya karena tidak bayar saksi di tempat pemungutan suara (TPS) sar Pileg 2019 lalu.

“Intinya yang bersangkutan sudah dipecat,” ungkap Anshari

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sulawesi Selatan (DPRD Sulsel) terpilih, Novianus YL Patanduk, dipecat jelang pelantikannya pada, Selasa (24/9/2019) pekan depan.

Novianus adalah anggota legislatif (aleg) Sulsel terpilih periode 2019-2024 dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Dalam surat keputusan (SK) Pemecatan oleh DPP PDIP terdapat tiga alasan pemecatan selain uang saksi, juga DPP menerima info pelapor (tanpa fakta hukum) bahwa Novin menggelembungkan suara, serta Novin diminta mundur tetapi menola mundur, akhirnya dipecat.

Surat pemecatan Novin ini pun telah diterima pihak KPU Provinsi Sulawesi Selatan.

“Suratnya sudah kami terima, akan dipelajari substansi surat tersebut lewat rapat komisioner KPU Prov, saat ini kami belum lengkap/korum dalam Komisioner KPU SulSel,” ucap Komisioner KPU SulSel Divisi Hukum dan Pengawasan, M Asram Jaya, kepada redaksi Updatekareba.Com, Kamis (19/9/2019) siang.

Pihak KPU SulSel pun juga menegaskan bahwa sikap resmi KPU SulSel terkait persoalan Novin ini belum dikeluarkan.

“Belum ada jawaban resmi dari KPU Sulsel menyangkut surat PDIP ini,” tegas M Asram Jaya.

Persoalan ini beredar isu akan adanya aksi unjuk rasa oleh masyarakat Toraja.

Berikut cuitan yang beredar dimedsos tentang aksi ini ;

TORAYA MEMANGGIL”*
Pemecatan NOVIANUS PATANDUK Menjelang pelantikan sebagai DPRD SULSEL Tanggal 24 September oleh Partai PDIP telah menyakiti hati masyarakat toraja dan pemilih Novianus Patanduk yang sah adalah bentuk pembunuhan karakter dan mencederai pemilih yang sah mewakili kalangan toraja dan pemilih yang sah berdasarkan berita acara KOMISI PEMILIHAN UMUM PROVINSI SULAWESI SELATAN Dengan Nomor : 158/PL.01.9-Kpt/73/Prov/VIII/2019.
Proses ini secara tidak langsung menginjak injak Rasa keadilan bagi masyaeakat Toraja untuk menuntut keadilan kami mengundang Bapak/Ibu/Sdr(i).
Hadir dalam demo akbar masyarakat Toraja n Pemilih yang sah Novianus Patanduk, Yang tergabung dalam Aliansi Ra’bisa (Rakyat Biasa) Peduli Demokrasi.
Pada Hari Sabtu 21 September 2019 .
Pukul 14.00. Titik Kumpul Dibawah Jembatan Fly Over KM 4, Long March Pukul 15.00 Menuju Kantor PDI Perjuangan Jalan Gunung Bawakaraeng.

Catatan : Memakai Pakaian Hitam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here