Novin Gagal Dilantik Jadi Anggota DPRD SulSel, Ini Penyebabnya

576
0
Novianus Patanduk.

Updatekareba.Com, Makassar – Novianus YL Patanduk yang mengikuti gladi bersih pelantikan anggota DPRD Sulsel periode 2019-2024, Minggu (22/9/19) pagi, gagal ikut pelantikan secara resmi di ruang sidang paripurna DPRD SulSel, Kota Makassar, Selasa (24/9/19) pagi.

Pelantikan yang dihadiri Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah, dan Wakilnya Andi Sudirman Sulaiman, hanya melantik 83 anggota DPRD SulSel periode 2019 – 2024.

Selain Novianus Patanduk, nama Misriani Ilyas dari Partai Gerindra juga gagal dilantik.

Penyebab kedua caleg terpilih ini tidak dilantik akibat tidak terteranya nama mereka dalam surat keputusan Menteri Dalam Negeri nomor 161.73-4325 tahun 2019 yang saat pelantikan dibacakan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Makassar.

Saat dikonfirmasi kepada Novianus YL Patanduk, soal batanya dilantik menjadi anggota DPRD SulSel dibenarkan oleh Caleg dari partai PDIP ini.

“Iya saya tidak dilantik, tidak ada undangan yang tiba,” kata Novianus YL Patanduk, kepada redaksi Updatekareba.Com.

Novianus terancam takkan menikmati status sebagai anggota DPRD Sulsel karena telah dipecat oleh partainya, PDIP, beberapa pekan lalu.

“Saya berharap partai PDIP tetap memberikan saya ruang dan waktu agar bisa menjalankan amanah yang diberikan oleh rakyat kepada saya,” tambah caleg terpilih yang juga putra asli Toraja ini.

Novin juga berharap, pimpinan partai PDIP di Sulsel maupun di DPP bisa menyikapi masalahnya sesuai aturan.

“Saya berharap ibu ketua umum (PDIP-Megawati) dan jajaran pusat untuk bisa melihat dan mempertimbangkam kembali SK pemberhentian (sebagai kader PDIP) saya,” ujarnya.

Mengenai masalah dana saksi yang dipersoalkan pengurus PDIP, yang menjadi alasan pemecatannya, Novianus mengaku tidak membayar sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

“Kita di PDIP, namanya dana gotong royong, itu kami tidak membayar sesuai waktu yang telah ditentukan. Memang secara logika bahwa pembayaran dana gotong royong tidak sesuai batas waktu ditentukan,” ujarnya.

Akibat gagalnya dilantik Novianus, kursi Fraksi PDIP di DPRD SulSel yang sebelumnya 8 kursi tersisa menjadi 7 kursi.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here