Operasi Lilin 2021 Berlangsung Dua Pekan Jamin Keamanan Natal dan Tahun Baru Serta Cegah Penyebaran Covid 19 Di Toraja

109
0
Foto ; Polres Toraja Utara

Updatekareba.Com, Toraja – Polisi bakal mulai melakukan Operasi Lilin 2021 pada Jumat (24/12/2021) besok.

Operasi tersebut mulai diberlakukan dalam rangka pengamanan libur natal 2021 dan tahun baru 2022.

“Kami informasikan kepada rekan-rekan bahwa operasi lilin tahun 2021 ini dilaksanakan mulai tanggal 24 Desember 2021 sampai dengan tanggal 2 Januari 2022,” ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Kamis (23/12/2021).

Ramadhan menjelaskan pengamanan Natal dan Tahun Baru ini sejatinya telah berlangsung sejak sepekan sebelumnya.

Namun, operasi yang digelar baru berupa Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD).

“Seminggu sebelumnya dilaksanakan kegiatan rutin yang ditingkatkan polanya sama dengan pola operasi,” jelasnya.

Ia menuturkan pihaknya juga akan menerjunkan sebanyak 177.212 personel dalam Operasi Lilin 2021.

Adapun personel yang diturunkan gabungan dari TNI-Polri dan stakeholder lainnya.

 “Untuk kekuatan personel yang dilibatkan dalam operasi pengamanan nataru tahun ini Polri melibatkan sebanyak 177.212 personel yang diterjunkan dalam rangka mengamankan Natal dan tahun baru tahun ini. Personil tersebut 177.212 terdiri dari personel TNI-Polri dan stakeholder lainnya,” jelasnya.

Lebih lanjut, Ramadhan menjelaskan objek yang akan menjadi pengamanan nantinya di antaranya tempat ibadah, pusat perbelanjaan hingga tempat wisata.

Pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa, sehingga menjadikan kita cenderung under estimate dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat, apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini, kita harus lebih peduli. Jangan sampai kegiatan perayaan Natal dan Tahun Baru menimbulkan klaster-klaster baru penyebaran Covid-19.

Sementara Kapolres Toraja Utara AKBP Yudha Wirajati, S.ik, MH melalui Kasihumas Ipda Agus Martopo mengatakan bahwa dalam Ops Lilin 2021 ini Polres Toraja Utara menerjunkan 155 personil yang terbagi di 3 Pos Pengamanan dan 4 Pos Pelayanan.

Lokasi 3 Pos Pengamanan yakni Perbatasan Kab Tana Toraja – Toraja Utara di Tadongkon, Pos Lantas Rantepao di Kandean dulang dan Perbatasan Palopo – Toraja Utara di Nanggala.

Sedangkan Lokasi Pos Pelayanan yakni di Obyek wisata Ke’te Kesu’ , Obyek Wisata Londa, Obyek wisata negri diatas awan Lempe dan Negri diatas awan To’Tombi Lolai.

Selain Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan juga dilakukan pengamanan di gereja-gereja yang melaksanakan perayaan dan ibadah Natal.(rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here