Operasi Patuh 2019, Target Operasi di Bawah Umur Langsung Ditindaki Di Toraja

961
0
Handover (Polsek Rantepao).

Updatekareba.Com, Toraja – Upaya mengurangi angka kecelakaan di jalan raya dan menekan angka pelanggaran lalu lintas, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Tana Toraja akan menggelar Operasi Patuh 2019.

” Operasi Patuh ini adalah aksi simpatik yang dilalukan oleh jajaran polisi dalam hal ini Satuan Lalu Lintas untuk memperlancar arus lalu lintas dan menurunkan angka kecelakaan,” kata Kepala Satuan (Kasat) Lantas Polres Tana Toraja, AKP Andi Tenri Abeng, Jumat (23/8/2019) malam.

Kegiatan Operasi Patuh itu sendiri akan dimulai sejak tanggal 29 Agustus hingga 11 September 2019.

“Tujuan utamanya untuk keselamatan pengendara kendaraan bermotor itu sendiri. Jika pelanggaran berkurang, maka keselamatan berkendara akan meningkat,” ujarnya.

Sasaran pada operasi kali ini ada delapan poin lanjutnya, adalah pengendara sepeda motor yang melawan arus, plat nomor tidak sesuai aslinya, pembonceng tidak memakai helm atau dua-duanya, serta melanggar rambu lampu merah.

Selanjutnya, melanggar marka jalan dan garis stop, naik motor lebih dari dua orang, serta menyalakan lampu di siang hari dan kelengkapan lainnya.

“Namun kali ini target utama kami ialah pengendara tidak menggunakan helm, serta yang masih di bawah umur 17 tahun dan 60 persen melakukan penindakan,” katanya.

Pada Operasi Patuh 2019 ini menurut Andi Tenri Abeng, aparat Satuan Lantas juga akan melakukan hunting dengan menargetkan sasaran pada pengendara roda dua yang menggunakan gawai, berkendara melebihi batas kecepatan, serta berkendara dalam kondisi mabuk.

Sementara untuk pengendara roda empat tambahnya, juga kena operasi dengan sasaran operasi, di antaranya plat nomor harus sesuai, tempel logo atau simbol pada plat nomor, pakai rotator, sirine pada mobil, tidak pakai sabuk pengaman, melanggar lampu merah, serta melanggar marka dan garis stop.

“Khusus roda empat jika tidak menggunakan sabuk pengaman (safety belt), serta penggunaan rotataor di kenderaan pribadi, juga akan ditindaki,” ujarnya.

Kasat lantas Polres Tana Toraja ini pun menghimbau pr pengendara atau pengemudi Kendaraan sekiranya mentaati segala peraturan lalu lintas khusus prioritas pelanggaran yang berpotensi laka lantas.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here